7-8 September 2019, Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia, Universitas Islam Indonesia (HMAK UII) telah melaksanakan kegiatan Radiasi’19 (Keakraban dan Diskusi Analisis Kimia 2019) yang dilaksanakan di Desa Wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, DIY.

RADIASI’19 merupakan suatu acara penyambutan mahasiswa/i analisis kimia angkatan 2019 sekaligus sebagai wadah utama untuk memperkenalkan jurusan serta mengakrabkan mahasiswa/i baru analisis kimia, baik dengan teman, kakak tingkat, dosen, serta alumni. “The New Journey With Us” . Harapannya dengan tema tersebut mahasiswa/i analisis kimia dapat mengukir suatu pengalaman sederhana yang indah bersama keluarga besar Analisis Kimia.

Radiasi pada dasarnya adalah suatu cara perambatan energi dari sumber energi ke lingkungannya tanpa membutuhkan medium yang bersifat reaktif. Harapannya, agar mahasiswa/i analisis kimia dapat merambatkan suatu energi positif kelingkungannya atau individu lain dengan penuh rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta dapat mendobrak pergerakan-pergerakan baru atau gagasan-gagasan yang kreatif.

RADIASI’19 dimulai pada pukul 07.01-07.50 WIB diruang 3.09 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia. Pembukaan yang sekaligus pengesahan acara radiasi secara simbolis dengan pemasangan co-card kepada perwakilan peserta tersebut dihadiri oleh ketua HMAK, LEM FMIPA, DPM FMIPA dan KAPRODI D3 Analisis Kimia UII atau yang mewakili. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan prodi DIII Analisis Kimia oleh Bu Tri Esti Purbaningtyas, M.Si sebagai langkah awal untuk memperkenalkan tentang ruang lingkup yang ada di DIII analisis kimia, baik dalam hal akademik, prospek kerja, lingkungan perkuliahan, dll.

Acara dilanjutkan dengan kumpul bersama DPA yang bertujuan untuk memperkenalkan serta merajut keakraban antar DPA dan mahasiswa/i bimbingannya.

Kemudian acara dilanjut dengan bincang-bincang analis sebagai wadah sharing bersama baik akademik maupun non akademik seperti masalah keseharian, angkatan dan juga organisasi. Hal ini bertujuan untuk menambah semangat dan memotivasi mahasiswa/i analisis kimia angkatan 2019 untuk berperan aktif dalam bersosialisasi, berorganisasi dan yang paling penting adalah dalam hal akademik. Acara ini dilaksakan di Aula Pendopo Desa Wisata Pulesari pada pukul13.01-14.30 WIB.

Tak kenal maka tak akrab, dalam games keakraban mahasiswa/i baru analisis kimia membuat lingkaran besar dan bernyanyi memperkenalkan dirinya, didalam lagu tersebut berlirik tentang nama dan asal dari mahasiswa/i baru tersebut, tujuannya adalah agar mahasiswa/i baru saling mengenal satu dengan yang lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pentas seni yang merupakan suatu bentuk apresiasi seni yang diaktualisasikan dalam pertunjukan yang dikemas dalam bentuk suatu acara dimana dilaksanakan sebagai ajang kreativitas mahasiswa/i baru dalam menampilkan suatu potensi dan bakat yang dimiliki. Mahasiswa/i baru analisis kimia sangat antusias dalam menyiapkan pentas seni ini, terbukti dengan kekompakan mereka saat menyiapkan pentas seni di jauh-jauh hari sebelum hari H. Pentas seni pada malam itu berlangsung dengan sangat meriah dan penuh kehangatan karena diiringi oleh hangatnya api unggun dan hangatnya tali persaudaraan antar keluarga DIII Analisis Kimia. Pensi berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Pada tanggal 8 September 2019, acara dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi yang menyenangkan, menyegarkan dan menyehatkan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Outbond dalam bentuk kegiatan Fun Games dan susur sungai yang dipandu oleh pihak Desa Wisata Pulesari. Outbond dimulai pada pukul 07.01-09.40 WIB. Outbond ini berfungsi untuk melatih sifat kepemimpinan dan kreativitas serta menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta. Setelah Outbond selesai, mahasiswa/i baru Analisis Kimia disambut dengan Colorfun yang menyenangkan dan penuh warna.

Acara Colorfun berjalan dengan sangaaaaatttt meriah yang terlihat dari peserta ataupun panitia yang asik bernyanyi dan berjoget bersama dengan taburan bubuk warna warni yang indah.

Setelah acara Colorfun selesai, mahasiswa/i baru diarahkan untuk ISHOMA dan kemudian berlanjut pada acara terakhir yaitu pemilihan calon ketua angkatan. Calon ketua angkatan menyampaikan visi serta misi mereka sebagai ketua angkatan 2019 nantinya. Pukul 15.00 WIB, Alhamdulillah sampai dipenghujung acara yaitu penutupan yang resmi ditutup secara simbolis dengan pelepasan co-card peserta oleh pihak DPM.

 

 

Sumber : PSDA_Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia (HMAK) UII