Program Studi D III Analisis Kimia mengadakan program summer school yang terintegrasi dengan program summer school yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia UII. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka internasionalisasi dan implementasi kerjasama UII dengan berbagai mitra di luar negeri. Adanya program summer school ini juga diharapkan dapat mengenalkan tentang pentingnya pengakuan kompetensi dan regulasi sertifikasi yang ada di Indonesia.

Sertifikasi kompetensi merupakan suatu jaminan tertulis mengenai kompetensi kerja tiap personil yang memilikinya. Selain itu, sertifikasi kompetensi merupakan salah satu cara standardisasi unjuk kerja bagi profesional di bidang-bidang tertentu yang bertujuan untuk menjamin pengembangan SDM. Sertifikasi kompetensi ini diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Peserta summer school yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Prodi D III Analisis Kimia ini diikuti oleh partisipasi dalam dan luar negeri. Partisipan dari luar negeri berasal dari dua Universitas yang ada di Malaysia, yaitu Universiti Teknologi Mara Shah Alam dan Universiti Teknologi Malaysia. Sedangkan peserta dalam negeri berasal dari perguruan tinggi dan instansi yaitu Universitas Islam Negeri Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta, Universitas Kristen Satya Wacana dan Institute Atsiri Universitas Brawijaya.

Summer school dilaksanakan dengan dua metode, yaitu metode offline atau tatap muka, dan metode online via google classroom. Kegiatan tatap muka diselenggarakan selama empat hari yang terbagi menjadi tiga bentuk pembelajaran yaitu dua hari pemaparan materi dan diskusi di kelas, satu hari pelatihan di laboratorium, dan satu hari untuk uji kompetensi. Pembelajaran via google classroom digunakan untuk mengatasi keterbatasan waktu dan jarak dalam mematangkan konsep dan penugasan mengenai uji kompetensi.

Penyelenggaraan uji kompetensi dalam program summer school ini melibatkan dua LSP yaitu LSP UII untuk peserta luar negeri dan LSP TELAPI untuk peserta dalam negeri. Skema kompetensi yang akan diujikan oleh LSP UII adalah Validasi untuk Pengujian Spektroskopi, sedangkan skema kompetensi yang diujikan oleh LSP TELAPI adalah Pengujian UV-Vis, AAS, Volumetri dan Gravimetri. Tempat uji kompetensi yang digunakan adalah Lab Kimia Terapan Jurusan Kimia UII.

Sesuai arahan Ketua Jurusan Kimia, Prof. Dr. Is Fatimah, kegiatan summer school ini akan diagendakan rutin di setiap tahunnya. Semoga dengan diselenggarakannya program summer school ini, mampu melebatkan manfaat UII ke skala yang lebih besar dalam hal standardisasi kompetensi kerja khususnya di bidang pengujian kimia.

Ketua Program Studi D III Analisis Kimia UII

Tri Esti Purbaningtias, S.Si., M.Si.