FGD Penyusunan Rubrik Penilaian
Program Studi DIII Analisis Kimia, Kamis 23 Agustus 2018 pukul 13.00 WIB di Ruang Sidang Prodi DIII Analisis Kimia melangsungkan FGD Penyusunan Rubrik Penilaian. Kegiatan ini merupakan kelanjutan workshop pengembangan rubrik penilaian pembelajaran yang merupakan aktivitas pengembangan pada Program Hibah Kompetisi Pengembangan Prioritas dari Badan Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia. Dalam kegiatan FGD Tahap Pertama ini dilakukan pemetakan rubrik penilaian pada matakuliah prioritas terutama pada matakuliah penguatan softskill dan matakuliah kompetensi utama.
FGD yang diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan di Program Studi DIII Analisis Kimia ini menghasilkan satu rumusan peta matakuliah dengan kebutuhan rubrik penilaian, baik matakuliah teori dan matakuliah praktikum.
Pengembangan rubrik dilakukan dengan mempertimbangkan capaian pembelajaran matakuliah dan metode pembelajaran yang dikembangkan oleh dosen pengampu. Capaian pembelajaran matakuliah menjadi kunci pokok dalam merumuskan sistem asesmen pada pengukuran tingkat capaian pembelajaran matakuliah. Pengukuran capaian pembelajaran matakuliah sangat dipengaruhi oleh metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa merupakan pengalaman pembelajaran yang berorientasi ada proses, bukan kepada hasil Hasil pembelajaran menjadi sebuah evaluasi pembelajaran dua arah, bagi dosen dan bagi mahasiswa.
Program studi memiliki kewenangan yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran, baik melalui pengembangan kurikulum maupun metode pembalajaran. Kedua hal ini akan memerlukan pengembangan instrumentasi pengukuran capaian pembelajaran lulusan yang diturunkan dalam pengukuran capaian pembelajaran matakuliah. Setiap tahapan pengukuran capaian pembelajaran matakuliah yang dilakukan melalui beragam metode pembelajaran akan membutuhkan perangkat rubrik penilaian agar terwujud standardiasi sistem pembelajaran dan sistem asesmen pembelajaran. Rubrik penilaian merupakan instrumentasi yang akan mendorong inovasi dosen dalam menetapkan target-target pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran matakuliah yang diharapkan melalui strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Rubrik penilaian ini akan membantu program studi dalam menerapkan prinsip asesmen yang terstandar. Rubrik penilaian akan membantu mahasiswa dalam menetapkan target pencapaian standar penilaian sehingga akan termotivasi untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.
Melalui kegiatan FGD Tahap Pertama ini juga dihasilkan pemetakan atribut softskill dalam matakuliah pengembangan softskill dan matakuliah terintegrasi softskill. Hasil pemetakan ini akan dikembangkan bank rubrik penilaian yang akan diterapkan dalam matakuliah skala prioritas softskill dan matakuliah kompetensi utama.