FGD Penyusunan Materi Uji Kompetensi Terintegrasi Kurikulum

Program Studi DIII Analisis Kimia, Kamis 23 Agustus 2018 selenggarakan FGD Penyusunan Materi Uji Kompetensi Terintegrasi Kurikulum di Ruang Sidang Prodi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen yang sekaligus asesor kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Islam Indonesia (LSP UII). Pengembangan Materi Uji Kompetensi ini merupakan upaya strategis dalam rangka penguatan sistem sertifikasi sebagai standardisasi kompetensi pada capaian pembelajaran lulusan di Program Studi DIII Analisis Kimia. Standardisasi kurikulum telah dilakukan melalui penyelarasan antara Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Capaian pembelajaran lulusan akan mencerminkan learning outcome di atas SKKNI untuk bidang pengujian kimia.

Kurikulum pendidikan menjadi instrumentasi yang sistematis untuk mengantarkan peserta didik pada capaian pembelajaran dan profil lulusan yang diharapkan. Program studi juga telah mempersiapkan standardisasi sistem pengukuran capaian pembelajaran lulusan, yag kini juga telah mulai dikembangkan pada level pengukuran capaian pembelajaran matakuliah. Sistem sertifikasi kompetensi menjadi satu sistem standardisasi kompetensi lulusan untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran lulusan yang diharapkan telah memenuhi standar minimal kompetensi kerja. Oleh karena itu sangat diperlukan suatu sistem asesmen yang terpadu untuk mengukur capaian pembelajaran lulusan dengan sistem asesmen pada sertifikasi kompetensi. Sistem ini akan diturunkan menjadi sistem pengukuran capaian pembelajaran matakuliah pada setiap skema sertifikasi untuk bidang pengujian kimia di LSP UII.

Integrasi sistem sertifikasi dengan sistem asesmen melalui sertifikasi kompetensi dan pengukuran capaian pembelajaran lulusan tengah mengacu pada prinsip-prinsip sistem asesmen pada uji kompetensi dan sistem asesmen sesuai dengan SNPT. FGD yang dilaksanakan pada 23 Agustus 2018 ini dilakukan untuk merumuskan pemetakan standar kompetensi pada setiap skema sertifikasi dengan capaian pembelajaran matakuliah. FGD tahap pertamaa ini telah menghasilkan peta kurikulum dengan skema sertifikasi. Hasil pemetakan elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja pada unit-unit kompetensi dalam skema sertifikasi kemudian diselaraskan dengan capaian pembelajaran matakuliah. Hasil pemetakan menjadi acuan dalam penyusunan perencanaan dan pengorganisasian asesmen.