2 Tim Mahasiswa Prodi D3 Analisis Kimia FMIPA UII Lolos Pendanaan PKM 2024

Terdapat 2 Tim Program Studi Analisis Kimia Program Diploma Tiga, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Islam Indonesia (UII) yang berhasil lolos pada tahap Pendanaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024. Serangkaian seleksi internal dilakukan oleh Tim Internal Fakultas MIPA dan Tim PKM UII sehingga berhasil memperoleh hasil tersebut. Nantinya, kedua tim tersebut akan merealisasikan proposal yang telah disetujui pendanaannya melalui riset.

Dari 9 jenis program PKM yang ditawarkan, tim yang lolos pendanaan berasal dari 2 jenis program yaitu 1 tim lolos proposal pada program PKM Riset Eksakta dengan judul “Low Cost Rapid Test Kit Berbasis Sensor Kalorimetri untuk Monitoring Bisphenol-A pada Air Kemasan”, tim ini diketuai oleh Agung Guritno dan beranggotakan 4 orang lainnya yaitu Putri Fahria Lesmana, Fatmawati, Akmarin Rista Ashari, dan Gus Nizar serta Bapak Ganjar Fadillah, Ph.D sebagai dosen pembimbing dan 1 tim lainnya lolos proposal jenis program PKM Kewirausahaan yang berjudul “‘NicoQuit Inhaler’ dari ekstrak Andrographis Paniculata sebagai Upaya Mengurangi Kecanduan Nikotin” yang diketuai oleh Bagas Alviansyah, serta Chitra Khalista Andini dan Leonita Putri sebagai anggota, dan dibimbing oleh Ibu Febi Indah Fajarwati, M.Sc.

Pada tahap ini, setiap proposal dalam PKM didanai Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jendral Pendidikan tinggi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Berdasarkan Panduan Umum PKM 2024, proposal yang lolos dari standar nilai yang ditetapkan (passing grade) akan didanai oleh Belmawa sebesar 6 juta rupiah sampai 10 juta rupiah.

Pasca pengumuman lolos pada tahap pendaan ini, kedua tim kemudian melakukan pertemuan dengan pembimbing masing-masing  untuk membahas riset yang akan mulai dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar persiapan sebelum masuk ke lab untuk riset tersebut lebih matang dan intensif. Harapan dari kedua tim nantinya agar dapat lolos ke Pimnas 2024.

Pada edisi sebelumnya, terdapat juga 2 tim PKM Prodi D3 Analisis Kimia yang lolos pada PIMNAS 36 tahun 2023 yang bertempat di Universitas Padjadjaran (Unpad). Namun dari kedua tim tersbut memang belum ada yang lolos sampai pada tahap Pimnas. Sehingga pada edisi kali ini, para mahasiswa dan dosen pembimbing yang tim mereka lolos tahap pendanaan memiliki keinginan kuat agar lolos ke tahap Pimnas dan agar produk yang mereka hasilkan dapat memiliki dampak yang baik untuk lingkungan sekitar serta dapat membanggakan kampus tercinta, Fakultas Matenatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia.

Prodi D3 Analisis Kimia.