Training Pedagogik Dosen Program Studi DIII Analis Kimia

Training pedagogik ini diikuti oleh seluruh dosen pengampu Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII selama 3 sesi. Materi yang pada sesi pertama dan kedua yaitu desain penyusunan silabi, Course Outline-SAP dan membahas desain penyusunan strategi pembelajaran yang disampaikan oleh Ibu Dra. Sri Haningsih, M.Ag. Pengawalan kurikulum baru yang akan dilaksanakan pada tahun akademik 2014/2015 ini membutuhkan pendampingan dalam penyusunan desain penyusunan silabi, course outline-SAP sehingga mampu merumuskan benang merah silabi dan CO-SAP, terutama untuk desain pembelajaran sekolah vokasi. Salah satu komponen yang penting dalam penyususan CO-SAP adalah bagaimanan merumuskan peta konsep matakuliah dengan kompetensi dasar yang diharapkan setiap matakuliah. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat dirumuskan kembali rumusan silabus dalam CO-SAP yang didesain untuk penyelenggaraan sekolah vokasi. Konsep strategi, metode dan teknik pembelajaran juga menjadi komponen penting dalam penyelenggaraan kurikulum berbasis kompetensi. Dosen harus mampu mengembangkan berbagai tipe dan model strategi, metode dan teknik pembelajaran sehingga mampu mendesain strategi, metode dan teknik pembelajaran serta memilih strategi, metode dan teknik pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran menjadi sangat penting dalam pembelajaran untuk mendukung implementasi kurikulum baru berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Kompetensi Nasional Kimia Analisis (SKN-KA), dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dosen pengampu membutuhkan penyamaan persepsi dalam merumuskan kompetensi dasar setiap matakuliah agar memiliki relevansi dengan level KKNI dan Program Learning Outcome Program Studi. Dosen pengampu pada sesi ketiga mendapatkan materi tentang penilaian pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Nanang Nuryanta, M.Ag. Dosen pengampu harus memiliki standar penilaian pembelajaran sehingga membutuhkan pemahaman konsep evaluasi dan penilaian pembelajaran, tipe dan metode teknik evaluasi, penilaian, langkah dalam evaluasi dan penilaian sampai memilih tipe, metode teknik penilaian untuk evaluasi pembelajaran serta mendokumentasikan dan mensimulasikan rancangan penilaian dalam SAP. Di akhir sesi ini, peserta langsung melakukan praktikum dan review penilaian pembelajaran.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!