Green Analyst 2019 – “Menjadikan Analis yang Berwawasan Ilmiah dan Edukatif Melalui Aksi Positif”

Minggu, 28 April 2019, Himpunan mahasiswa D3 Analisis Kimia Universitas Islam Indonesia (HMAK UII) melaksanakan kegiatan Green Analyst 2019 (GA2019). Green Analyst 2019 kali ini mengangkat tema “Menjadikan Analis yang Berwawasan Ilmiah dan Edukatif Melalui Aksi Positif Demi Meningkatnya Mutu Sumber Daya.”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa/i D3 Analisis kimia UII mengenai pengaplikasian ilmu kimia dalam proses industry, meningkatkan kesadaran terkait peningkatan kualitas lingkungan dan mempererat tali silaturahmi mahasiswa/i D3 analisis kimia angkatan 2016,2017 dan 2018. Green Analyst 2019 ini dilaksanakan di 2 tempat yaitu Pabrik Minyak Kayu Putih Sendang Mole Dan Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanungsari, Kabupaten Gunung, Kidul Yogyakarta.

Dalam acara ini peserta yg mengikuti berjumlah 86 mahasiswa D3 Analisis kimia UII. Green Analyst 2019 dibuka oleh beberapa tamu undangan yaitu sambutan dari ketua HMAK, LEM FMIPA, DPM FMIPA dan KAPRODI D3 Analisis Kimia UII. Tri Esti Purbaningtyas, M.Si selaku kaprodi D3 Analisis kimia UII menyampaikan bahwa mahasiswa/i D3 Analisis Kimia beberapa waktu kebelakangan ini sudah baik dalam ke aktifan nya, diharapkan ke aktifan mahasiswa/i terus di tingkatkan karena akreditasi program studi tidak hanya di nilai dari staff atau dosen nya saja, tetapi mahasiswa/i nya juga berperan penting dalam penilaian akreditasi prodi. Beliau menambahkan pula, dalam acara green analyst 2019 ini,  jaga lah kebersihan terutama sampah, bawa nama baik UII khusus nya D3 analisis kimia. pemberangkatan peserta green analyst 2019 menggunakan 4 bis yang langsung menuju lokasi Pabrik Kayu Putih Sendang Mole.

Pimpinan pabrik sendang mole bapak Haryadi membuka acara dengan penyampaian profil pabrik terlebih dahulu dan kemudian di lanjutkan dengan tour pabrik yang di dampingi oleh beberapa pekerja pabrik. Tour melewati beberapa bagian atau tahapan produksi. Penutupan dilaksanakan dengan penyerahan pelakat kepada pimpinan pabrik. Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Drini, ditengah perjalanan panitia dan peserta melaksanakan sholat dzuhur, istirahat dan makan siang di masjid Ki Ageng. Sesampainya di Pantai Drini panitia dan peserta breafing di bale-bale untuk teknis penanaman bibit pohon dan pemasangan papan slogan kebersihan, selanjutnya penanaman bibit pohon dilaksanakan bersamaan dengan pemasangan slogan. Peserta istirahat dan sholat ashar sebelum pelaksanaan fun games bersama panitia di bibir pantai. Fun games terdiri dari 3 jenis permainan yaitu games perang naga, games estafet pasir, games estafet sarung. Penyerahan pelakat kepada penjaga pantai Drini adalah sebagai penutup acara tersebut. Perjalanan pulang menuju UII untuk penutupan Green Analyst 2019, di tengah perjalanan berhenti untuk sholat magrib. Pelepasan atribut panitia dan peserta oleh DPM adalah sebagai tanda Green Analyst 2019 telah selesai di laksanakan.