Prodi D III Analisis Kimia FMIPA UII menerima kunjungan dari BPPTKG Yogyakarta

Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA Universitas Islam Indonesia menerima kunjungan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada 29 Januari 2019 yang diterima oleh Kaprodi Ibu Tri Esti Purbaningtias, M.Si yang dibersamai oleh Bayu Wiyantoko, M.Sc dan Kuntari, M.Sc. Rombongan BPPTKG yang berjumlah lima orang memiliki agenda bersilaturahmi sekaligus berdiskusi terkait penggunaan instrumentasi pengujian spektrofotometer UV-Visibel. Obrolan hangat yang berlangsung di ruang sidang Prodi D III Analisis Kimia mengawali ihwal tujuan kedatangan rombongan BPPTKG yang disambut dengan rasa senang dan sikap terbuka oleh Kaprodi D III Analisis Kimia dan para dosen. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) berencana untuk pengadaan instrumentasi spektrofotometer UV-Visibel di tahun 2019 guna menunjang analisis di laboratorium sehingga memerlukan informasi dari pengguna (user) yang direkomendasikan oleh vendor yaitu PT. Genecraft Labs. Di BPPTKG sendiri memiliki beberapa laboratorium pengujian yang menunjang kebutuhan data analisis seperti laboratorium elektronika dan instrumentasi, laboratorium geokimia, serta laboratorium petrografi.
Seperti diketahui bahwa Prodi D III Analisis Kimia memiliki instrumentasi spektrofotometer UV-Visibel dengan tipe single beam maupun double beam. Di tahun 2018 guna menunjang proses akademik meliputi praktikum, riset, dan sertifikasi kompetensi maka laboratorium kimia terapan melengkapi dengan 2 (dua) spektrofotometer UV-Visibel merk Aquamate 8000 Thermo dengan spesifikasi single beam yang dilengkapi oleh 6 cell kuvet. Kami menyampaikan kepada delegasi BPPTKG bahwasanya laboratorium mempertimbangkan ketangguhan, kemudahan operasional, dan sudah tentu harga pada saat memilih spektrofotometer UV-Visibel Aquamate 8000 Thermo. Alhamdulillah hingga sejauh ini alat spektrofotometer UV-Visibel merk Aquamate 8000 Thermo tidak mengalami permasalahan dan pengguna baik mahasiswa maupun dosen dapat leluasa mengoperasikan menurut instruksi kerja yang dibuat oleh laboratorium.
Rombongan dari BPPTKG juga kami bersamai menuju laboratorium kimia terapan untuk melihat wujud dan unjuk kerja spektrofotometer UV-Visibel Aquamate 8000 Thermo agar mendapatkan informasi yang lebih jelas. Bapak Purbaka Zulianta selaku perwakilan dari PT. Genecraft Labs turut hadir untuk mengenalkan lebih jauh spesifikasi, keunggulan, dan proses analisis yang didemokan secara langsung menggunakan sampel uji zat warna methyl orange (MO). Raut antusias terlihat saat sesi demo diselingi oleh diskusi sehingga membuat suasana lebih cair dan hangat. Di akhir kunjungannya, perwakilan BPPTKG mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Prodi D III Analisis Kimia untuk berbagi informasi tentang performa instrumentasi spektrofotometer UV-Visibel Aquamate 8000 Thermo.