Pelatihan Instrumentasi Pengujian Kimia bagi Siswa SMK N 2 Depok Sleman

Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA pada Kamis, 29 Oktober 2015 dan Sabtu, 31 Oktober 2015 selenggarakan Pelatihan Instrumentasi Pengujian Kimia bagi Siswa SMK N 2 Depok Sleman.  Pelatihan ini merupakan program Hibah Pengabdian Institusi sebagai bentuk implementasi MoU antara Prodi DIII Analis Kimia FMIPA UII dengan SMKN2 Depok Sleman Yogyakarta.  Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium FMIPA UII dan Laboratorium Terpadu UII ini diikuti oleh 96 siswa Jurusan Analis Kimia SMK N2 Depok Sleman didampingi oleh 3 guru pendamping.
Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengembangan dan aplikasi pengujian kimia bagi anak SMK dalam rangka memberikan pengembangan kompetensi pengujian secara spektrometri dan kromatografi.  Tantangan era globalisasi harus dipersiapkan untuk memastikan dan memelihara kompetensi calon tenaga kerja Indonesia sehingga dapat bersaing di pasar global. Sertifikasi kompetensi bagi peserta didik menjadi sebuah kewajiban bagi setiap penyelenggara program pendidikan vokasi untuk menghasilkan keunggulan lulusan. Memiliki kemampuan pengujian spektrometri dan kromatografi termasuk kompetensi inti tenaga analis kimia. Melalui kegiatan ini, para siswa SMK dapat memperdalam aspek pengetahuan dan ketrampilan dalam pengujian dengan spektrofotometri UV-Vis, Atomic absorption spectrometry (AAS), gas chromatography (GC), dan high performance liquid chromatography (HPLC).
Materi spektrofotometri UV-Vis dan  Atomic absorption spectrometry (AAS) disampaikan oleh Yuli Rohyami, M.Sc. dan Thorikul Huda, M.Sc. Materi ini juga diikuti dengan praktikum di laboratorium yang dipandu oleh Septian Perwira Yudha sebagai instruktur.  Materi gas chromatography (GC), dan high performance liquid chromatography (HPLC) disampaikan oleh Reni Banowati Istiningrum, M.Sc. dan Bayu Wiyantoko, M.Sc. Praktikum GC dipandu oleh Bayu Wiyantoko, M.Sc.  dan  Yuli Rohyami, M.Sc. Para siswa juga mengikuti praktikum HPLC bersama Tri Esti Purbaningtias, M.Si., Reni Banowati Istiningrum, M.Sc., Ida Ayu Sulistya, A.Md. dan Yusuf Habibi, S.Si.
Penyelenggaraan pelatihan ini dapat dilaksanakan dengan pengembangan metode pengujian kimia sehingga dapat memperkuat kegiatan pembelajaran di sekolah.  Kegiatan ini akan terus berkelanjutan dengan program implementasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.