Laboratorium Kimia Terapan Siap Menjadi Tempat Uji Kompetensi

Laboratorium Analisis Kimia Prodi DIII Analis Kimia FMIPA UII telah siap menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) terverifikasi.  Tim penyusunan dokumen sistem manajemen mutu dan sumber daya TUK telah menyelesaikan seluruh kelengkapan persyaratan manajemen, persyaratan teknis dan persyaratan sumber daya TUK.  Menurut Kelapa TUK Laboratorium Analisis Kimia, Puji Kurniawati, M.Sc., seluruh persyaratan TUK telah tercukupi sesuai dengan Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Nomor 5 Tahun 2014.

TUK Laboratoratorium Analisis Kimia yang berkedudukan di Gedung Laboratorium Terpadu UII Lantai II ini telah menetapkan struktur organisasi dan menunjuk personel TUK. TUK juga telah menyelesaikan seluruh dokumen panduan mutu dan prosedur mutu sesuai dengan peraturan BNSP.  Kesiapan TUK juga telah dibuktikan dengan telah terselenggaranya uji coba pelaksanaan uji komptensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sains Terapan FMIPA UII. Laboratorium Analisis Kimia pada Senin, 15 Juni 2015 juga telah melaksanakan audit internal. Kepala TUK juga menyatakan bahwa TUK juga telah siap menyambut tim verifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sains Terapan FMIPA UII yang akan diagendakan pada Senin, 29 Juni 2015 mendatang.
Saat ini, TUK telah mempersiapkan segala kebutuhan sarana dan prasarana pendukung uji kompetensi. Laboratorium telah memiliki sarana dan peralatan uji kompetensi yang memadai dan mencukupi seluruh materi uji kompentensi. Dalam rangka upaya peningkatan kepuasan dalam pelayanan uji kompetensi, TUK telah mengalokasikan anggaran untuk meningkatkan jumlah peralatan dan instrumentasi pengujian.  Selain itu, kebutuhan peralatan dan instrumentasi pendukung untuk sertifikasi kompetensi paket dasar volumetric dan gravimetric serta spektrometri UV-Vis harus memenuhi standar kecukupan  pelaksanaan uji kompentensi.  TUK telah mendatangkan peralatan baru sesuai dengan kebutuhan materi uji kompetensi seperti neraca analitik, spektrofotometer UV-Vis, oven, dan furnace.
Peningkatan sarana dan prasarana ini mendapatkan dukungan dari Program Hibah PHK-PS Batch II.  Upaya ini merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh Prodi DIII Analis Kimia dalam meningkatkan pengakuan terhadap kompetensi alumni.  Persaingan alumni dalam menghadapi pasar bebas ASEAN akan semakin besar.  Adanya pengakuan kompetensi alumni ini akan semakin meningkatkan daya saing alumni dalam menghadapi kompetisi dengan calon tenaga kerja dari berbagai negara.