Origin for data analysis and publication-quality graphing

 Penelitian merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian oleh Prodi DIII Analis Kimia untuk selalu dikembangkan terus menerus. Penelitian dilakukan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, setiap penelitian harus disampaikan dalam bentuk publikasi. Publikasi tersebut merupakan suatu penulisan ilmiah yang memiliki syarat dan standar yang berbeda dengan penulisan-penulisan lainnya. Salah satu syarat dan standar yang berbeda itu adalah dalam hal pengolahan data dan grafik.
Untuk membantu kelancaran dosen dalam penulisan karya ilmiah, Prodi DIII Analis Kimia pada tanggal 16 Juni 2015 berinisiatif untuk mengadakan pelatihan Origin yang diisi oleh Tri Esti Purbaningtias, M.Si. Origin adalah aplikasi perangkat lunak untuk analisis data dan grafik berkualitas publikasi yang sesuai dengan kebutuhan para peneliti. Aplikasi ini mudah digunakan untuk pemula maupun seorang ahli. Dengan lebih dari 100 jenis grafik, Origin memudahkan untuk membuat dan menyesuaikan grafik kualitas publikasi sesuai dengan keinginan peneliti. Origin berisi Tools yang dapat digunakan untuk analisis data, seperti analisis puncak, curve fitting, dan uji statistika.
Pelatihan ini membahas tentang bagaimana mengolah data XRD dan FTIR. Salah satu materi yang diberikan adalah mengenai menggabungkan beberapa data XRD dan FTIR dalam satu grafik sehingga memberikan warna yang berbeda dalam penulisan karya ilmiah. Fitur-fitur pembuatan grafik lainnya yang dibahas adalah baseline dan smoothing. Selain itu juga diberikan teknik analisis data dalam hal mencari luas puncak menggunakan persamaan Gaussian dan Lorentzian. Hal yang tidak kalah menariknya adalah bahwa Origin dapat mempresentasikan ulang data yang berupa gambar menjadi sebuah grafik yang dapat diolah lebih lanjut menggunakan fitur-fitur yang ada.