Empat Tim Mahasiswa Analis Kimia Juarai Lomba PKM-KT

 Satu lagi prestasi yang membanggakan yang telah diukir oleh mahasiswa Program Studi DIII Analis Kimia. Empat tim mahasiswa Prodi DIII Analis Kimia FMIPA UII meraih Juara Lomba Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karya Tulis (PKM-KT) yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia.  Tim dari mahasiswa Analis Kimia telah berhasil meraih Juara 2, Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 dan Juara Harapan 3.  Satu prestasi yang patut dipuji, tim PKM-KT telah berhasil menjuarai lomba bergengsi di tingkat fakultas yang diumumkan pada Rabu, 22 April 2014.

Prestasi gemilang ini akan menjadi awal bagi seluruh tim untuk terus berkarya dalam berbagai kompetisi ilmiah di tingkat nasional.  Thorikul Huda, M.Sc. selaku Ketua Program Studi DIII Analis Kimia merasa sangat bangga dengan prestasi dan karya kreativitas mahasiswa.  Selepas pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah bagi para pemenang, Ketua Program Studi DIII Analis Kimia menuturkan, bahwa Program Studi DIII Analis Kimia berkomitmen dalam meningkatkan kualitas prestasi mahasiswa di tingkat wilayah, nasional dan internasional.  Sejak tahun 2014, Prodi membentuk Divisi Minat dan Bakat Mahasiswa untuk mengawal, memfasilitasi dan mendampingi kegiatan ilmiah mahasiswa, termasuk dalam mempersiapkan ajang kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Olimpiade Sain Terapan (OST) Pertamina dan kompetisi ilmiah lainnya.

Di tengah-tengah kesibukan aktivitas pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, tim PKM-KT mahasiswa berjuang untuk mewujudkan karya nyata yang berkualitas. Tim yang diketaui oleh Santoso merupakan mahasiswa angkatan 2013 telah berhasil menjadi Juara 2.  Karya tulis yang berjudul pembuatan biohidrogen, eenergi massa depan berbasis bioteknologi dengan pemanfaatan limbah sampah daun di Kampus Terpadu UII melalui proses fermentasi berhasil mengantarkan tim menjadi juara.  Tim yang dibimbing oleh Reni Banowati Istingrum, M.Sc. ini menjadi sebuah karya tulis yang mampu memberikan solusi energi terbarukan untuk masa depan Indonesia.

PKM-KT yang berjudul Sky garden sebagai solusi untuk menurunkan suhu dan polusi udara di Kota Yogyakarta karya tim yang diketuai Yorfan Ruwindya, mahasiswa angkatan 2013 berhasil meraih Juara Harapan 1.  Tim yang dibimbing oleh Jamalul Lail, S.Si. ini memberikan solusi alternatif pemecahan permasalahan global warming. KPP (Kredit Pendidikan dan pelatihan) solusi cerdas dan bertanggung jawab dalam meraih cita-cita karya tim yang dimotori oleh Rahmatika Rahayu dengan dosen pembimbing Puji Kurniawati, M.Sc. berhasil meraih Juara Harapan 2.  Satu lagi tim yang dikawal oleh Laksmitas Ade Noormalasari dengan karya tulis dengan judul meminimalkan baju bekas impor menuju masyarakat Indonesia yang sehat dan berekonomi mandiri.  Tim yang dibimbing oleh Tri Esti Purbaningtias, M.Si. menjadi sebuah gagasan dalam mendukung program pemerintah menuju Indonesia sehat dan mandiri.

Karya dan prestasi ini akan menjadi awal kesuksesan dalam terus berkarya dan berprestasi.  Selamat berjuang tim PKM DIII Analis Kimia di ajang kompetisi PKM-KT.  Semoga karya ini akan mengantarkan gemilang kesuksesan untuk mengukir prestasi yang setinggi-tingginya.  Karya nyata ini semoga dapat memberikan sumbangan terhadap kemajuan bangsa.  Keluarga besar civitas akademika Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII mengucapkan selamat kepada seluruh tim yang telah berhasil menjuarai Lomba PKM-KT tingkat FMIPA UII.  Jayalah terus Analis Kimia UII, semoga keberkahan akan selalu mengalir dalam setiap langkah menuju kesuksesan.