Prodi DIII Analis Kimia Hadiri ICHAMS di Bali

 Denpasar (AK) – Kegiatan yang pada awalnya diprakarsai oleh Prodi Analis Kimia UII pada tahun 2014 ini, kembali digelar pada Kamis 2 April 2015, oleh Undiksha (Universitas Pendidikan Ganesha) sebagai tuan rumah, yang diselenggarakan di Balai Diklat Industri Regional VI, Denpasar Bali. Kegiatan yang diberi nama “The 2nd ICHAMS” (Indonesian Chemical Analysis Meeting and Seminar) ini, diawali dengan kegiatan seminar dengan pembicara Bapak Ir. Surono, M.Phil, sebagai Ketua Komisi Perencanaan dan Harmonisasi Kelembagaan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Seminar dengan Tema: “Pengembangan dan Peningkatan Akreditasi Jurusan Analis Kimia di Indonesia”. “Tema tersebut sangat bersinergi dengan Prodi DIII Analis Kimia yang dalam waktu dekat akan mengajukan akreditasi ke BAN-PT, semoga kita mendapatkan Akreditasi dengan poin maksimal”, ungkap Thorikul Huda, M.Sc., selaku Ketua Prodi.
Kegiatan yang diikuti oleh hampir seluruh Prodi Analis Kimia se-Indonesia ini, sekaligus dilanjutkan dengan Pelantikan DPW HIMPAKI (Himpunan Profesi Analis Kimia) Regional Bali, yang dilakukan oleh Bapak Deddy Wiriadi Atmadja, selaku Ketua Umum DPP HIMPAKI Jakarta.
Di tempat terpisah, Reni Banowati, M.Sc., selaku penanggung jawab program mengungkapkan bahwa “ICHAMS ini, termasuk salah satu kegiatan PHKPS Batch-II, yang kembali diperoleh Prodi DIII Analis Kimia dalam rangka meningkatkan kapasitas prodi untuk meningkatkan status akreditasi.”
Setelah pelaksanaan seminar, dilanjutkan dengan Pertemuan Seluruh Jurusan Analis Kimia Se-Indonesia, yang menghasilkan beberapa rekomendasi untuk percepatan sertifikasi Kompetensi Kimia Analisis, antara lain melalui pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dengan  LO (Learning Outcome) yang mampu telusur dengan standar kompetensi dan kualifikasinya, pengembangan paket pembelajaran berbasis kompetensi, pengembangan perangkat asesmen kompetensi secara formatif, sumatif, dan holistik, pengembangan kelembagaan sertifikasi pada lembaga pendidikan tinggi, serta pengembangan tempat uji kompetensi sesuai dengan GLP (Good Laboratory Practice).
Dalam waktu dekat, DPP HIMPAKI Jakarta, akan segera melaksanakan pelantikan kepengurusan DPW HIMPAKI Jogja-Jateng yang telah terbentuk pada tanggal 29 Maret 2015 yang bertempat di Universitas Islam Indonesia.