RAKERNAS HIMPAKI KE-2

 Himpunan Profesi Analis Kimia (HIMPAKI) menyelenggarakan rapat kerja nasional (rakernas) kedua di Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan dari tanggal 19 sampai dengan 20 Desember 2014.  Pada rakernas kedua tersebut dibicarakan tentang evaluasi program ditahun 2014 dan rencana kegiatan pada tahun 2015 sampai 2016.  Hadir beberapa perwakilan dari daerah untuk ikut serta dalam menyukseskan rakernas yang dilaksanakan di gedung yang beralamatkan Jln. Dr. Semeru No. 63 Bogor.  Perwakilan daerah yang hadir diantaranya dari Propinsi Bali, Nangro Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan D.I. Yogyakarta.  Propinsi DIY diwakili oleh Thorikul Huda yang juga sebagai Ketua Program Studi D3 Analis Kimia FMIPA UII. Thorikul Huda berharap HIMPAKI menjadi asosiasi yang strategis untuk mendukung pengembangan profesi analis kimia di Indonesia. 
Posisi strategis dari HIMPAKI karena didukung oleh berbagai unsur seperti regulator (pemerintah) pelaku usaha (user) dan kalangan akdemisi.  ”HIMPAKI dapat berperan dalam pengembangan kurikulum vokasi hingga mencapai level 9 KKNI” ungkap Thorikul Huda saat ditemui di kantornya sehari setelah mengikuti rakernas.  Kesepakatan pentig yang diperoleh dari rakernas tersebut diantaranya adalah:
1.    Sosialisasi HIMPAKI keberbagai wilayah di Indonesia
2.    Pembentukan DPW HIMPAKI
3.    Pembentukan Lembaga Sertifkasi Profesi (LSP) HIMPAKI
4.    Konferensi HIMPAKI di tahun 2016.  
Menurut Thorik sapaan akrab Kaprodi D3 Analis Kimia bahwa UII dalam hal ini adalah Prodi D3 Analis Kimia siap untuk menginisiasi pembentukan Dewan Pengurus Wilayah Propinsi DIY.  Rencananya seluruh dosen di d3 Analis Kimia dan tenaga laboratorium yang ada di lingkungan UII khususnya yang berhubungan dengan pengujian kimia akan di usulkan untuk emjadi anggota HIMPAKI.  D3 Analis Kimia UII juga akan turut mensosialisasikan kebeberapa SMK yang menyelenggarakan program studi atau jurusan analis kimia dan kimia industri.  Selain itu juga sosialisasi juga akan dilakukan ke berbagai instansi yang saat ini memiliki aktivitas pengujian di laboratorium kimia.