KULIAH TAMU DAN PENANDATANGAN MOU DENGAN BATAN SERPONG

Kegiatan kuliah tamu kembali diselenggarakan oleh Program DIII Analis Kimia bekerjasama dengan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif BATAN Serpong. Kuliah tamu yang bertajuk “APLIKASI TEKNOLOGI NUKLIR DAN PENGELOLAAN LIMBAH RADIOAKTIF DI INDONESIA” ini diselenggarakan pada Kamis, 23 Oktober 2014 di Ruang Auditorium FTSP. Agenda ini cukup istimewa karena diprakarsai langsung oleh Ajrieh Setiawan, A.Md selaku alumni Prodi DIII Analis Kimia Angkatan 2005 dan sekaligus salah satu staf Pusat Teknologi Limbah Radioaktif BATAN Serpong.

 PTLR sendiri memiliki agenda rutin yaitu sosialisasi dan edukasi mengenai nuklir dengan tujuan peserta sosialisasi memiliki pengetahuan yang jelas dan komprehensif mengenai nuklir dan aplikasinya. “Hasil sosialisasi ini diharapkan dapat mengubah persepsi mengenai nuklir, gampangnya peserta jadi melek nuklir”, tutur Imam Sasmito selaku pemateri utama pada kuliah umum ini. Di sela-sela penyampaian materi, pemateri juga melakukan demo penggunaan alat detector radiasi. Materi yang disampaikan Bapak Imam, panggilan akrab Imam Sasmito, sangat komprehensif mulai dari materi yang bersifat teori seperti atom, radiasi dan reaksi nuklir sampai hal-hal yang bersifat aplikatif seperti efek radiasi, bagaimana bekerja dengan radiasi nuklir secara aman sampai aplikasi nuklir sebagai dalam bidang pertanian, peternakan, kedokteran dan sebagai pembangkit listrik. Di sesi kedua, materi mengenai Pengelolaan Limbah Radioaktif disampaikan oleh Sayogo Supriantoro
Pada kesempatan ini dilakukan pula penandatangan MoU antara Prodi DIII Analis Kimia yang diwakili oleh Thorikul Huda, M.Sc selaku Ketua Prodi dan Ir. Suryantoro, MT selaku Kepala Pusat PLTR. Ruang lingkup kerjasama meliputi Praktik Kerja Lapangan (PKL), penelitian bersama dan pengabdian masyarakat. Dengan adanya MoU ini maka kesempatan terbuka lebar bagi mahasiswa Prodi DIII Analis Kimia UII untuk melakukan PKL di PTLR. “Saya sangat bangga dapat hadir kembali ke kampus tercinta UII dengan peran yang berbeda dan bertemu dengan adik-adik tingkat serta dosen-dosen tercinta untuk berbagi ilmu dan pengalaman”, imbuh Ajrieh di akhir acara.