Kuliah Tamu Standarisasi Pengujian dan Kalibrasi

Program Studi DIII Analis Kimia akan menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema Standarisasi di Bidang Pengujian dan Kalibrasi.  Dalam acara tersebut akan menghadirkan Ibu Fajarina Budiantari, S.TP., M.Si. selaku Manajer Akreditasi Laboratorium Pengujian dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).  Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen prodi dalam melahirkan ulusan yang menguasai sistem penjaminan mutu laboratorium.  Kuliah tamu ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 Oktober 2014 di Auditorium Gedung M. Natsir FTSP Lantai 3 Universitas Islam Indonesia pukul 08.30 – 12.00 WIB.  Kegiatan ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Program Studi DIII Analis Kimia. 

Tahun 2015 nanti akan menjadi tantangan baru bagi lulusan dalam menghadapi MEA sehingga para lulusan harus memiliki kompetensi yang memadai untuk dapat bersaing di tataran nasional dan internasional.  Standarisasi menjadi sebuah keharusan dalam sebuah pengujian kimia pada berbagai produk seperti pangan, obat-obatan, bahan baku industri, logam dan berbagai produk lainnya.  Sebagai calon professional muda di bidang analis kimia yang nantinya akan bekerja di bidang pengujian kimia, baik analisis industri dan lingkungan membutuhkan pengetahuan dalam berbagai metode pengujian baku yang akan digunakan di dunia kerja.

Selain kebutuhan metode pengujian baku, mahasiswa juga membutuhkan pengetahuan dalam standarisasi untuk kalibrasi berbagai alat ukur dan instrumentasi pengujian kimia.  Kebutuhan akan standarisasi metode pengujian dan kalibrasi ini telah diterapkan dalam kegiatan praktikum dan pembelajaran dengan mengembangkan skill mahasiswa melalui praktikum yang mengacu pada metode-metode baku atau metode tidak baku yang dikembangkan. 

Informasi lebih lanjut hubungi :

PIC : Tri Esti Purbaningtias, M.Si.

Gedung Basement Lab Terpadu UII Jl. Kaliurang km. 14,5 Yogyakarta