Studi Banding Ke Unpad

 Jum’at 23 Mei 2014 Ketua Program D III Analis Kimia FMIPA UII dan tiga orang dosennya melakukan kunjungan dan studi banding ke Prodi D3 Analisis Kimia Universitas Padjajaran (Unpad).  Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya D III Analis Kimia UII untuk menjalin kerjasama dengan prodi sejenis di Indonesia.  sebelumnya pada 28 Februari 2014, rombongan dari D3 Analisis Kimia Unpad terlebih dulu berkunjung ke D III Analis Kimia UII.  Jadi secara tidak langsung hadirnya rombongan dari UII tersebut juga merupakan balasan pada kunjungan sebelumnya.  Rombongan D III Analis Kimia UII disambut baik oleh pihak Fakultas MIPA dan Departemen Kimia Unpad.  Hal tersebut terbukti pada saat kunjungan ke Unpad disambut oleh  Dr. Euis Julaeha, M.Si selaku Wakil Dekan I dan Dr. rer.nat. Iwan Hastiawan selaku Ketua Departemen Kimia Unpad.  Selain itu juga ikut hadir Dr. Darwati yang saat ini menjabat sebagai Ketua Prodi D3 Analisis Kimia.  
Rombongan dari D III Analis Kimia UII diterima di kampus Dipati Ukur atau disebelah Gedung Sate Kota Bandung. Wakil Dekan I FMIPA Unpad berharap adanya diskusi terkait dengan kurikulum Prodi D III Analis Kimia, sebab saat ini D3 Analisis Kimia Unpad juga sedang dalam proses review kurikulumnya. Disamping itu juga menurut Dr. Euis Julaeha, M.Si yang juga mantan Ketua Jurusan Kimia Unpad menyampaikan bahwa akan ada rencana pembentukan D IV Analisis Kimia pada tahun 2016. Usai sambutan dari Wakil Dekan I tersebut dilanjutkan sambutan oleh Thorikul Huda, M.Sc. selaku Ketua Program D III Analis Kimia UII. Pada sambutannya Thorik berharap adanya kerjasama antara Unpad dengan UII. Ajakan kerjasama dari Ketua Program D III Analis Kimia UII direspon sangat baik oleh Dr. rer.nat. Iwan Hastiawan yang juga Ketua Departemen Kimia FMIPA Unpad. “Kerjasama itu dapat dilanjutkan ditingkat fakultas atau universitas”, ungkap dosen yang mengampu bidang kimia analitik tersebut. Beberapa poin kerjasama yang diusulkan oleh Dr. rer.nat. Iwan Hastiawan diantaranya adanya peningkatan kapasitas lulusan melalui tes/uji kompetensi yang diselenggarakan oleh kedua belah pihak.
Diakhir diskusi Thorik selaku Ketua Program D III Analis Kimia UII berharap akan adanya pertemuan antara Prodi D III Analis Kimia se-Indonesia untuk merumuskan langkah kedepan bagi perkembangan profesi analis kimia. “Kami akan mengundang seluruh prodi analis kimia se-Indonesia dalam pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2014 di UII Yogyakarta”, tambah Thorik.