Workshop PKM dan Launching Divisi Penalaran

 Jumat, 18 April 2014, Program Studi D3 Analis Kimia FMIPA UII menyelenggarakan “Workshop PKM dan Launching Divisi Penalaran Mahasiswa). Bertempat di ruang Auditorium Lt 3 FTSP UII, workshop ini merupakan salah satu Program Hibah Kompetensi Program Studi (PHK-PS). Kegiatan ini untuk meningkatan daya penalaran mahasiswa dapat diwujudkan dengan banyaknya latihan yang dilakukan. Salah satu proses latihan yang dapat dilakukan di prodi DIII Analis Kimia FMIPA UII adalah ikut serta dalam PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang dilaksanakan oleh DIKTI. Kegiatan workshop PKM ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM. Workshop PKM dapat memberi gambaran dan trik-trik khusus dalam pembuatan proposal PKM yang baik sehingga dapat didanai oleh DIKTI.
 Workshop dimulai dengan pokok bahasan pertama yaitu kiat-kiat penulisan proposal PKM, teknis pembuatan proposal dan seluk beluk penilaian serta cara pengajuan PKM dengan pembicara Bp. Tatang Shabur, M.Sc dengan moderator Bp. Jamalul Lail, S.Si yang disertai dengan praktek langsung pencarian ide PKM oleh mahasiswa. Acara selanjutnya adalah diskusi bersama mahasiswa D3 Analis Kimia yang telah lolos PKM 2013oleh Sdri NindaPrastikasari dan mahasiswa yang lolos final OSN-Pertamina Proyek Sains oleh Angga Kurniawan, Sumaryono, dan Eka Wahyuni.  Pada diskusi ini, dipaparkan awal ide yang mereka dapatkan yaitu berasal dari suatu yang terabaikan masyarakat seperti limbah ikan (PKM) dan jerami padi (OSN-Pertamina) menjadi suatu yang bermanfaat. Selain itu juga dipaparkan suka duka selama melakukan penelitian. Adanya diskusi ini dapat menigkatkan minat mahasiswa untuk melakukan inovasi-inovasi yang kreatif di bidang ilmiah agar dapat diaplikasikan secara nyata dan berdaya guna di lingkungan masyarakat nantinya.
Acara terakhir adalah launching Divisi Penalaran Mahasiswa oleh Ibu Reni Banowati, M.Sc sebagai perwakilan Program Studi D3 Analis Kimia FMIPA UII. Divisi tersebut dikepalai oleh Tri Esti Purbaningtias, M.Si. Adanya divisi penalaran berfungsi untuk menjembatani antara Prodi D3 Analis Kimia dengan Himpunan Mahasiswa Analis Kimia (HMAK). Selain itu, divisi penelaran mahasiswa bertugas melakukan pendampingan bagi mahasiswa selama proses pembuatan proposal PKM maupun dalam pelaksanaan PKM tersebut serta mengorganisir kegiatan PKM tiap tahunnya sehingga tercipta suasana PKM yang berkesinambungan.