Leadership Building bagi Mahasiswa Analis Kimia

 Mahasiswa Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII, Sabtu 26 April 2014 mengikuti pelatihan Leadership Building dalam rangka Latihan Kepemimpinan Islam Dasar.  Pelatihan yang dibuka oleh Ketua Kaprodi, Thorikul Huda, M.Sc. ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2013 dan mahasiswa yang belum mengikuti LKID.  Pelatihan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Audiovisual Gedung Perpustakaan UII ini menghadirkan trainer kondang Drs. Imam Mujiono, M.Ag.

Leadership Building merupakan salah satu materi pelatihan yang dipersiapkan bagi calon pemimpin di masa depan.  Mahasiswa mendapatkan bekal konsep kepemimpinan dan manajemen kepemimpinan dalam Islam.  Peserta mendapatkan bekal sebagai calon generasi bangsa dengan meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW. 

Peserta dengan sangat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh trainer.  integritas moral menjadi sangat penting dalam karakter seorang pemimpin.   Islam memiliki prinsip yang agung dalam kepemimpinan.  Uswatun khasanah merupakan unsur dalam kepemimpinan Islam.  Keteladanan menjadi hal penting dalam kehidupan.  Keteladanan akan melahirkan banyak kebaikan dan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajak kebaikan pada orang lain.  Islam juga mengajarkan konsep musyawarah, dan tidak mengajarkan seorang pemimpin bersikap otoriter.  Pemimpin juga harus memiliki sifat adalah (adil) dan beramar ma’ruf nahy munkar. 

Kesuksesan seorang analis kimia, haruslah dibangun karakter seorang pemimpin.  Seorang pemimpin harus memiliki karakter yang dilandasi keimanan.  Aspek spiritualitas mendasari segalanya dan menjadi pondasi akhlak seorang pemimpin.  Keimanan akan melahirkan pemimpin yang adil.   Karakter seorang pemimpin muslim memiliki sifat shiddiq, amanah, tabligh, fatonah, akhlaq dan hikmah.  Dalam pelatihan ini, peserta diajak trainer untuk mengenal role model yang bisa menjadi uswatun khasanah.   Bagaimana agar menjadi pemimpin yang mampu memberikan keteladanan, dengan membangun maturity (emo-social, peaceful, self manage, solid maker), capability (intellectuality, creativity, visioner, problem solver), morality (integrity, fairness, trust, credibility) dan sprirituality (belief, worship, wise, inner beauty).  Leadership Building ini nantinya akan menjadi bekal agar sebagai seorang analis kimia dapat menjadi pemimpin bagi dirinya dan mampu menjadi generasi pemimpin di masa depan.