Workshop Penulisan Buku Ajar

Buku ajar menjadi kebutuhan penting dalam proses pembelajaran.  Materi pembelajaran dapat diuraikan dengan sangat jelas dalam sebuah buku ajar.  Buku referensi yang tersedia ternyata belum mencukupi kebutuhan bahan ajar.  Buku ajar yang disusun sendiri oleh dosen pengampu akan membantu ketercapaian materi pembelajaran yang sesuai dengan silabus dan satuan acara perkuliahan (SAP). 

Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII, menggugah semangat seluruh dosen untuk membuat buku ajar.   Sabtu, 15 Maret 2014 Prodi DIII Analis Kimia menyelenggarakan Workshop Penulisan dan Review Buku Ajar.  Dr. Das Salirawati, M.Si. dalam materinya menyampaikan berbagai  strategi penyusunan buku ajar yang berkualitas.  Pemateri yang dikenal sebagai Wati Salsabila memberikan motivasi akan pentingnya menulis buku ajar dan strategi menerbitkan buku ajar yang berkualitas.  Pemateri yang merupakan dosen Pendidikan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta juga memberikan pengalaman menulis buku.  Beliau menyampaikan kunci sukses dalam menulis buku dengan ATM STNK (Antusias-Tekad-Mencoba dan Semangat-Tekun-Niat-Kemauan).

Workshop yang diikuti oleh seluruh dosen ini juga menghadirkan Dr. Hujair AH Sanaky ini juga mengkaji bagaimana teknik menulis bahan ajar seperti modul, diktat, handout, dan media pembelajaran.  Bahan ajar ini akan menjadi media pembelajaran yang akan mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.  Apabila bahan ajar ini didesain dengan baik dalam setiap pertemuan, dosen dapat menyusun sebagai bahan untuk menulis buku yang dapat digunakan oleh mahasiswa, bahkan dapat dikembangkan menjadi buku referensi yang dapat digunakan secara luas.

Kegiatan yang terselenggara dalam rangka Program Hibah Kompetisi Program Studi (PHKPS) Tipe Pengembangan Tahun 2014 ini menjadi rangkaian kegiatan dalam meningkatkan ketersediaan buku ajar.  Di akhir kegiatan yang langsung diselenggarakan dengan praktikum menulis modul ini juga sekaligus dilakukan review modul oleh Dr. Hujair AH Sanaky.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan review buku ajar yang dibuat oleh para dosen.  Hasil review buku ajar ini akan menjadi proses persiapan dalam penerbitan buku ajar yang pada tahun 2014 ini ditargetkan ada 5 buku ajar yang akan terbit.  Dr. Das Salirawati dalam akhir penyampaian materinya, menyampaikan siap mereview dan mendampingi pada dosen untuk segera membuat target penerbitan buku ajar.