D III Analis Kimia UII Masuk Lima Besar Tingkat Nasional Proyek Sains OSN Pertamina

Acara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina tingkat nasional telah dilakukan pada tanggal 8 sampai 13 Desember 2013 bertempat di Wisma Makara Kompleks UI Depok Jakarta. Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina dibagi menjadi dua bidang, yaitu bidang teori dan proyek sains. Bidang teori dibagi menjadi subbidang matematika, biologi, fisika dan kimia sedangkan bidang proyek sains dibagi menjadi subbidang Produk Unggulan (PU), Rancang Bangun (RB) dan Aplikasi Perangkat Lunak (APL).

Wilayah regional Yogyakarta mengirimkan perwakilan yang terdiri dari dua peserta bidang teori kimia dari UGM, satu peserta bidang teori biologi dari UNS, satu tim proyek sains RB dari UNY dan satu tim proyek sains PU dari UII. Penyelenggaraan OSN Pertamina tahun ini meloloskan satu tim dari D III Analis Kimia FMIPA UII dalam bidang produk unggulan yang digawangi oleh Angga Kurniawan, Sumaryono dan Eka Wahyuni. Tim besutan dosen muda Puji Kurniawati, M.Sc ini mengambil topik “Pembuatan Biodiesel dari Jerami Padi Menggunakan Metode Esterifikasi In Situ”.

Acara dibuka dengan welcome dinner pada tanggal 8 Desember 2013 oleh Dekan FMIPA UI. Audisi semi final untuk bidang teori dan pameran dan penjurian produk untuk bidang proyek sains dilakukan pada hari Senin 9 Desember  2013. Acara dilanjutkan dengan  rekreasi, Fun Game dan kunjungan ke desa binaan Pertamina di Kamojang Garut. Pengumuman lima besar dilakukan acara field trip ke Kamojang. Pemenang lima besar untuk bAcara Final dilakukan paidang proyek sains Produk Unggulan PU terdiri dari 2 tim dari UI, 1 tim dari UNDIP, 1 tim dari ITS dan 1 tim dari UII. Perhelatan final dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2013 dengan mempresentasikan proyek sains yang diajukan.

Acara puncak perhelatan OSN Pertamina diselenggarakan di gedung pusat Pertamina Jakarta dan dihadiri oleh Wamen Diknas, Direktur Pertamina dan Rektor UI. Pada acara puncak ini dilakukan penganugerahan seleksi nasional OSN Pertamina 2013. Untuk bidang proyek sains kategori PU, APL dan  RB disapu bersih oleh tim-tim dari ITS.