Pemanfaatan Sampah sebagai Media Tanam Menuju Kawasan Rumah Pangan Lestari

Program Studi DIII Analis Kimia melalui tim pengabdian kepada masyarakat akan merintis kawasan rumah pangan lestari (KRPL) di Dusun Menayu Kulon RT 06 Tirtonirmolo Kasihan Bantul.  Program yang telah diawali dengan penyuluhan pemanfaatan sampah sebagai media tanam oleh Yuli Rohyami, M.Sc. di pertemuan rutin PKK ibu-ibu warga setempat.  Program ini langsung mendapat sambutan dari ketua RT Bapak Sukirjo dan pengurus PKK RT.  Warga siap membentuk kelompok rumah pangan lestari (RPL) yang akan dikawal langsung oleh Ibu Wiwid selaku Ibu RT.  

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembuatan media tanam dari sampah rumah tangga dan kotoran kambing sebagai sumber biomasa.  Pembuatan pupuk dilakukan dengan menggunakan bakteri komposer.  Pembuatan media tanam ini melibatkan tim dari mahasiswa Prodi DIII Analis Kimia yang dilanjutkan dengan uji coba pembibitan.  Kegiatan yang dilangsungkan pada hari Minggu, 8 Desember 2013 ini merupakani tindak lanjut dan langkah awal dalam merintis KRPL.

Media tanam yang nantinya akan dihasilkan akan digunakan sebagai media pembibitan yang akan digunakan oleh kelompok KRPL. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan suatu solusi alternatif permasalahan pengelolaan sampah rumah tangga agar dapat memberikan nilai tambah.  Sampah rumah tangga yang berasal dari sisa olahan makanan seperti potongan buah dan sayur yang tidak termanfaatkan, dedaunan yang jatuh atau bungkus tempe, sisa teh, dan lainnnya dapat digunakan sebagai sumber unsur harayang dibutuhkan tanaman.  Sumber unsur hara lainnya dapat ditambh dari kotoran sapi atau kambing yang dipelihara oleh beberapa warga.

Sampah plastik kemasan seperti kemasan deterjen, pewangi, dan softener pakaian, kemasan minyak isi ulang dan makanan atau minuman lainnya dapat digunakan sebagai pengganti polibag. Kaleng kemasan plastik seperti kaleng cat, tinner, oli, minyak, dan atau kemasan produk minuman dapat digunakan juga sebagai pengganti pot. Kegiatan ini diharapkan dapat sedikit memberikan nilai tambah dalam menyediakan bahan pangan terutama sayuran segar yang murah, aman dan sehat bagi seluruh anggota kelompok KRPL.