HMAK Selenggarakan Seminar dan Training Public Speaking

Himpunan mahasiswa analis kimia (HMAK) fakultas MIPA UII menggelar acara seminar dan training Public Speaking di Gedung Auditorium FTI UII, minggu 20 Mei 2012. Acara yang mengususng tema “Speak Up and Hold the World” ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum untuk kalangan mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat berbicara di depan umum dengan pembicaraan tidak minder serta cara menyampaikan bias menarik orang lain.
“Kemampuan berdialektika di depan umum harus dikembangkan oleh para mahasiswa karena skill ini merupakan salah satu basic yang berguna bagi mahasiswa untuk menembus dunia kerja nantinya.” Ungkap Ketua Program DIII Analis kimia FMIPA UII Bapak Thorikul Huda,S.Si.,M.Sc. pada saat memberikan sambutannya. Beliau juga menghimbau kepada para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum untuk mempergunakan momen tersebut dengan semaksimal mungkin, sehingga dapat memetik ilmunya sehingga dapat  diaplikasikan nantinya.  
Acara yang digelar di Auditorium Fakultas Teknologi Industri UII tersebut terbagi atas dua sesi, sesi pertama merupakan Seminar Public Speaking yang disampaikan oleh  Ninda Nindiani, Profesional Mc yang juga seorang Trainer Public Speaking.  Sedangkan untuk sesi kedua merupakan praktek public speaking yang disampaikan oleh Drs. H Imam Mujiono, MA  pakar Public Speaking.
Ninda Nindiani telah menekuni dunia Public Speaking selama lebih dari 20 tahun banyak bercerita hal-hal menarik termasuk pengalamannya ketika membawakan acara resmi maupun pada saat sebagai salah satu pembawa acara di salah satu stasiun radio ternama di Yogyakarta.  Topic yang disampaiakn oleh Ninda Nindiani diantaranya adalah strategi/trik berbicara didepan umum, peningkatan rasa percaya diri. “Bagi dunia Public Speaking kita harus mampu menghadirkan materi yang berbobot sehingga dapat menarik perhatian audience”tutur Ninda Nindiani.   “Masalah demam panggung yang seringkali dialami orang-orang sebelum melakukan presentasi” tambah wanita yang perawakannya menarik ini.  Didampingi oleh moderator Ani Agustina, S.Farm mahasiswa Profesi Apoteker FMIPA UII sesi pertama ini berhasil mengundang antusias peserta untuk bertanya terkait materi yang disampaikan.  
Seusai materi pertama yang disampaikan oleh Ninda Nindiani kemudian dilanjutkan dengan praktek Public Speaking yang dipandu langsung oleh Drs. Imam Mujiono, MA.  Selain dikenal sebagai pakar public speaking, Drs. Imam Mujiono, MA yang akrab dipanggil Pak Oon juga seorang dosen UII sekaligus berprofesi sebagai motivator.  Dalam kesempatan tersebut Imam Mujiono menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang public speaker yang handal harus memenuhi lima criteria yaitu Credibilty (Kredibilitas),  Capability( Kemampuan), Simphatety(, Simpatik) , Enthuasiasity(Antusias),  dan Clarity (Kejelasan), dapat menjadikan kita The Excellent Public Speaker.