Analis Kimia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mentoring Mahasiswa sebagai Upaya Membangun Generasi Cemerlang Print E-mail
Written by yuli   
Tuesday, 20 September 2016

                Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA berkomitmen dalam membangun generasi cemerlang melalui pembinaan keagamaan. Upaya ini terus dievaluasi dan ditingkatkan sebagai upaya penguatan akhlakul karimah dalam membangun kompetensi dan profesionalisme Analis Kimia dalam persaingan global. Ketua Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII dalam Pembukaan Mentoring Semester Ganjil 2016/2017 menyampaikan bahwa, seluruh mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembinaan keagamaan sehingga selama belajar di Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII tidak hanya mendapatkan bekal ilmu dan ketrampilan di bidang analisis kimia, tetapi juga  dapat membangun kecerdasan spiritual. Tantangan global semakin membuka peluang bagi generasi muda untuk berprestasi dan meraih kesuksesan. Kesuksesan di masa yang akan datang hanya dapat diraih dengan memadukan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Fakta membuktikan, bahwa kecerdasan spiritual mampu mengantarkan kesuksesan yang gemilang. Pembukaan mentoring yang dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2016 ini menghadirkan motivator Ustadz Basuki Abdurrahman, M.Si. untuk memberikan inspirasi kesuksesan generasi cemerlang melalui penguatan tarbiyah Islamiyah yang dilaksanakan dalam bentuk mentoring.

 
Prodi DIII Analis Kimia Siapkan Mengirimkan Tim dalam Validasi Metode di Puslabfor Bareskrim Polri Print E-mail
Written by yuli   
Tuesday, 20 September 2016
 Prodi DIII Analis Kimia FMIPA UII siap mengirimkan tim ahli dalam validasi metode pengujian kimia di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri. Program Studi DIII Analis Kimia setiap tahun selalu mengirimkan mahasiswa dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Puslabfor untuk membantu proses pemeriksaan barang bukti melalui pengujian kimia di laboratorium. Pengujian kimia harus dilakukan dengan metode baku atau tidak baku yang dapat menjamin keberterimaan hasil pengujian. Apabila metode yang digunakan adalah metode baku, maka metode yang akan digunakan harus diverifikasi untuk mengkonfirmasi parameter pengendalian mutu. Sebaliknya, apabila metode uji bukan metode standar atau metode standar yang dikembangkan, maka harus divalidasi. Tenaga ahli analisis kimia harus mampu melaksanakan verifikasi dan validasi metode.

 

Read more...
 
Program Studi DIII Analis Kimia UII Menyiapkan Program Recognition of Prior Learning Print E-mail
Written by yuli   
Thursday, 04 August 2016
 Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII tengah mempersiapkan rancangan program Recognition of Prior Learning (Rekognisi Pembelajaran Lampau, RPL).  Rekognisi pembelajaran lampau merupakan suatu proses pengakuan capaian pembelajaran seseorang yang dilakukan secara otodidak dari pengalaman hidup, pendidikan nonformal atau pendidikan informal ke dalam sektor pendidikan formal. Program Studi DIII Analis Kimia sebagai program pendidikan vokasi memiliki peluang yang besar dalam mengembangkan program RPL yang didukung dengan sistem sertifikasi profesi yang telah dikembangkan melalui LSP UII. Ketua Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII, Thorikul Huda, M.Sc. dalam kunjungan kerjanya di Politeknik Negeri Bandung, pada 4 Agustus 2016 memaparkan bahwa hasil analisa kebutuhan pasar menunjukkan adanya kebutuhan para tenaga penguji laboratorium yang telah memiliki pengalaman kerja untuk mendapatkan pengakuan pembelajaran sepanjang hayat. Dalam kunjungan ini, Ketua Program Studi DIII Analis Kimia didampingi Sekretaris Program Studi DIII Analis Kimia, Yuli Rohyami, M.Sc., Reni Banowati Istiningrum sebagai perwakilan dosen dan Aprisilia Rizky Wijaya sebagai perwakilan tenaga kependidikan.
Read more...
 
Pembukaan Program Sertifikasi Kompetensi LSP UII di Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII Print E-mail
Written by yuli   
Thursday, 04 August 2016
 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Islam Indonesia  (LSP UII) mulai melaksanakan pembukaan program sertifikasi kompetensi di Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII. Serifikasi kompetensi akan mulai dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2016 di Tempat Uji Kompetensi Laboratorium Analisis Kimia di bawah pengelolaan Laboratorium Kimia Terapan Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII. Direktur LSP UII, Thorikul Huda dalam acara pembukaan program sertifikasi kompetensi pada 3 Agustus 2016 lalu menyatakan bahwa LSP UII akan membuka program sertifikasi pada dua skema di bidang jasa penguji laboratorium, yaitu pengujian dasar kimia dan validasi metode pengujian spektrometri. Pihak LSP UII siap melaksanakan program sertifikasi untuk memberikan pengakuan kompetensi para calon lulusan Program Studi DIII Analis Kimia yang akan di wisuda pada akhir Agustus mendatang. Sertifikasi kompetensi ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keunggulan alumni agar dapat memenangkan persaingan di dunia kerja.
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 31 - 40 of 258

 

 Lomba DESAIN BLOG, Informasi lebih lanjut  (kilik) dan formulir pendaftaran lomba desain blog (Formulir)

Desain Company Profile, Informasi lebih lanjut (kilik) dan formulir pendaftaran desain Company Profile (Formulir )

Informasi Mahasiswa Baru 2017

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru
Bagian Depan
Bagian Belakang

Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More