Analis Kimia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
VISITASI AKREDITASI D3 ANALIS KIMIA FAKULTAS MIPA UII Print E-mail
Written by webmaster   
Wednesday, 27 April 2011
 Program D3 Analis Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia, sedang punya “gawe besar”, yaitu Visitasi Akreditasi. Selama 2 hari, Senin dan Selasa, 25-26 April 2011 di visitasi oleh 2 assesor, Prof. Dr. Hadiman dari Universitas Padjajaran Bandung dan Dra. Inda Mapiliandari, M.Si. dari Kimia Analisis Bogor. Acara yang di pusatkan di ruang sidang 2 fakultas MIPA UII ini dibuka oleh Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Dr. Mustaqim, SH., M.Si.
Dalam sambutannya, mantan Dekan Fakultas Hukum ini mengatakan bahwa persiapan untuk akreditasi sudah disipkan jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan demikian diharapkan semuanya sudah sempurna, sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. “ Semoga hasil yang diraih dalam visitasi akreditasi ini nilai maksimal,” cetusnya.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dra. Neni Meidawati, M.Si., Ak., Direktur BSI UII, Dr. Teduh Dirgahayu, Direktur Akademik, Ir. Revianto Budi Santoso, M.Arch. ini dilanjutkan dengan presentasi dari fakultas yang disampaikan oleh Dekan Fakultas MIPA, Yandi Syukri, M.Si., Apt. dengan didampingi Wakil Dekan, Dr. Noor Fitri, M.Si., yang diteruskan dengan verifikasi borang fakultas.

Kemudian dilanjutkan dengan observasi fasilitas laboratorium, ruang kuliah, pelayanan akademik, pelayanan umum dan perpustakaan. Dan pada sesi berikutnya dilangsungkan telaah dokumen program D3 Analis Kimia. Kemudian untuk hari kedua, Selasa, 26 April 2011 dilakukan penyelesaian berita acara visitasi sekaligus penutupan kegiatan visitasi akreditasi bagi program D3 Analis Kimia Fakultas MIPA UII. (Sumber. http://science.uii.ac.id)
Read more...
 
Jadwal Ujian Semester Genap 2010/2011 Print E-mail
Written by webmaster   
Thursday, 24 March 2011
Untuk jadwal ujian semeter genap tahun akademik 2010/2011 Program D III Analis Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia dapat di download
 
Winda dkk Presentasi Pengolahan Limbah Laboratorium Print E-mail
Written by webmaster   
Wednesday, 23 March 2011
 Diskusi ilmiah yang telah deprogram oleh D III Analis Kimia mendapat apreasiasi yang cukup tinggi dari mahasiswa.  Hal tersebut terbukti dengan keterlibatan mahasiswa yang menjadi penyaji sekaligus peserta pada diskusi yang diadakan setiap hari selasa.  Untuk diskusi ilmiah menghadirkan Sdr. WInda dan teman-temannya mempresentasikan makalahnya dengan topic pengolahan limbah laboratorium.  Pada kesempatan tersebut Winda menyampaikan bahwa limbah laboratorium dapat diolah dan dimanfaatkan kembali untuk kegiatan praktikum.  “Di dalam limbah laboratorium banyak terdapat kandungan bahan dengan kategori B3 (red.: Bahan Berbahaya dan Beracun)”, ungkap Winda yang juga tercatat sebagai mahasiswa angkatan 2010.
Usai presentasi yang disampaikan Winda, selanjutkan diadakan sesi diskusi.  Beberapa peserta mahasiswa sangat antusias untuk mengemukan pendapat atau pertanyaa pada forum tersebut.  Diantara mahasiwa yang cukup aktif dalam diskusi adalah Nurul dan Yuliana yang juga mahasiswa satu angkatan dengan Winda.  Tidak ketinggalan mahasiswa angkatan 2009 juga hadir pada acara tersebut yaitu Sdr. Puji Hartono yang berencana untuk lulus dalam waktu dekat ini.  Baik Nurul maupun Yuliana mengemukakan bahwa untuk pengolahan limbah perlu adanya analisis awal untuk mengetahui komposisi bahan-bahan kimia yang ada di dalam limbah laboratorium.  Sedangkan Puji Hartono lebih menyoroti pada bahan yang akan digunakan untuk pengolahan limbah laboratorium.  
 Hadir juga dalam kesempatan tersebut Thorikul Huda, Reni Banowati dan Yuli Rohyami yang juga dosen di Program D III Analis Kimia.  Thorikul Huda yang juga Ketua Program D III Analis Kimia sangat mengapresiasi topic yang disampaikan oleh Winda dan teman-temannya.  “Saya berharap mahasiswa yang lain juga dapat menyampaikan gagasan ilmiahnya melalui diskusi yang diselenggarakan sepekan sekali ini”, tutur Ketua Program D III Analis Kimia ini.  Thorik panggilan akrab Ketua Program D III Analis Kimia.  Khusus untuk topic yang dipresentasikan Thorik menyarankan agar kedepan gagasan Winda dan teman-temannya dapatt diimplementasikan untuk membantu dalam mengatasi permasalahan limbah laboratorium di UII. 
Read more...
 
Diskusi Ilmiah D III Analis Kimia Print E-mail
Written by webmaster   
Tuesday, 15 March 2011
 Untuk meningkatkan atmosfer akademik di Program D III Analis Kimia, maka pada hari Selasa 15 Maret 2011 mulai diselenggarakan diskusi ilmiah.  Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen D III Analis Kimia dan mahasiswa.  Sebagai penyaji yang pertama untuk acara diskusi ilmiah adalah Thorikul Huda, M.Sc.  yang tidak lain adalah Ketua Program D III Analis Kimia saat ini.  Thorik panggilan akrab Ketua D III Analis Kimia menyajikan topic tentang imobilisasi asam humat pada kitosan untuk recovery logam emas.  Dosen D III Analis Kimia yang menghadiri acara yang diselenggarakan di salah satu ruang kelas D III Analis Kimia adalah Yuli Rohyami, S.Si., Reni Banowati I., S.Si., dan Jamalul Lail, S.Si. 
Pada awal penyajiannya Thorik menyampaikan prolog dengan mengharapkan acara diskusi ilmiah dapat diikuti lebih banyak mahasiswa.  “Kedepan Saya berharap mahasiswa juga dapat ikut presentasi”, ucap Ketua Program D III Analis Kimia ini.   Acara yang dimulai pada pukul 09.00 pagi dihadiri kurang lebih 10 orang mahasiswa D III Analis Kimia.  Diskusi ilmiah menjadi cukup hidup ketika beberapa peserta diskusi menanyakan berbagai hal yang terkait dengan topic yang diberikan oleh penyaji.   Sepert Yuli Rohyami, S.Si  yang menanyakan tentang proses adsorpsi reduksi pada mekanisme recovery logam emas.  Selain itu juga Reni Banowati, S.Si yang saat ini memegang amanah sebagai Sekretaris D III Analis Kimia menanyakan tentang urgensi dari imobilisasi asam humat pada kitosan.  
Mahasiswa yang mengikuti kegiatan diskusi ilmiah yang pertama kali di D III Analis Kimia nampak menikmati dan serius mengikuti kajian ilmiah yang rencananya akan diselenggarakan setiap hari selasa.  Keseriusan dalam mengikuti diskusi terlihat dari beberapa mahasiswa yang menuliskan hal-hal yang dianggap penting dalam diskusi tersebut.   Diakhir kegiatan tersebut juga disepakati kalau diskusi yang akan dating sebagai penyajinya adalah Sdri. Winda Novita Sari yang saat ini berstatus mahasiswa angkatan 2010.  Pada kesempatan mendatang direncanakan Winda dan teman-temannya akan memaparkan tentang pengolahan limbah cair. 
Read more...
 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 Next > End >>

Results 211 - 220 of 264

Informasi Mahasiswa Baru 2017
download brosur

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru


Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More