Analis Kimia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa Baru dibekali Workshop Safety Laboratory Print E-mail
Written by webmaster   
Monday, 03 October 2011
 Sudah menjadi tradisi di Program D III Analis Kimia, mahasiswa baru yang akan melaksanakan praktikum diperkuliahannya maka wajib mengikuti workshop keselematan (safety) dan teknik laboratorium.  Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya diselenggrakan satu hari, maka workshop kali ini diselenggarakan selama dua hari yaitu dari tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2011.   Pada hari pertama peserta mendapatkan teori, sedangkan hari keduanya diadakan praktik di laboratorium.  Adapun materi yang diberikan pada hari pertama yaitu tentang keselamatan kerja laboratorium, pengenalan teknik dasar volumetric, pengenalan alat gelas, neraca dan pH meter, teknik mereaksikan bahan dan teknik gravimetri. Selain itu juga peserta diberikan materi tentang demo alat keselamatan kerja serta rangkaian ekstraksi dan alat destilasi.
Materi tentang keselamatan kerja laboratorium disampaikan oleh Albertus Vidhianto dari PT Merck Indonesia.  Sedangkan untuk pemateri lain yang menyampaikan di hari pertama adalah dosen Program D III Analis Kimia diantaranya Thorikul Huda,M.Sc., Yuli Rohyami,M.Sc dan Reni Banowati.  Khusus untuk materi demo alat keselamatan dibawakan oleh Cecep Sa’bana Rahmatillah, S.Si yang juga staff laboratorium ilmu kimia.  Kegiatan workshop dimulai pada pukul 09.15 dengan dibuka langsung oleh Thorikul Huda, M.Sc yang sekaligus juga Ketua Program (Kapro) D III Analis Kimia.  Pada kesempatan tersebut Thorik sapaan Kapro D III Analis Kimia menyampaikan pentingnya mahasiswa mengikuti workshop tersebut.  “Ibarat orang naik kendaraan, maka workshop ini adalah SIM atau Surat Ijin Mengikuti Praktikum di D III Analis Kimia”, ungkap dosen yang mengampu mata kuliah Kimia Analisis ini.  Hari pertama workshop ditutup dengan simulasi pemadaman kecelakaan kebakaran. 
Untuk hari kedua yaitu Sabtu 1 Oktober 2011, seluruh peserta melaksanakan workshop di laboratorium dengan terlebih dahulu diadakan pretest.  Tujuan pretest adalah untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman awal mahasiswa tentang teknik kerja di laboratorium.  Praktik yang diselenggarakan di laboratorium dibimbing oleh asisten yang terdiri dari Puji Hartono, A.Md., Mila Nurmila, A.Md., Dwi Muharani, A.Md dan Diah Dianingtyas, A.Md.  Setelah mengikuti workshop, maka mahasiswa wajib untuk membuat laporan dan laporan tersebut akan dinilai oleh asisten.  Hasil penilaian pretest dan laporan akan digabung dengan nilai response (red. ujian praktikum) untuk kemudian mendapatkan nilai akhir.  “Nilai akhir dari worshop akan dimasukkan kedalam nilai praktikum teknik laboratorium”, tutur Thorikul Huda, M.Sc disela-sela kegiatan workshop pada hari kedua.  
Usia kegiatan, maka panitia memberikan kuisioner yang dibagikan kepada peserta sebagai bentuk evaluasi workshop safety dan teknik laboratorium pada tahun 2011.  Secara umum peserta merasa puas dengan pelaksanaan workshop tersebut, hal tersebut terlihat dari banyaknya komentar yang positif terhadap pemateri ataupun panitia workshop yang diadakan selama dua hari tersebut. 
Read more...
 
Studium Generale Mahasiswa Baru 2011 Print E-mail
Written by webmaster   
Tuesday, 20 September 2011
 Sabtu 17 September 2011, Program D III Analis Kimia menyelenggarakan kegiatan Studium Generale (SG) mahasiswa baru angkatan 2011.  Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito UII dengan pembicaranya adalah Ketua Program D III Analis Kimia.  Penyelenggaraan SG dimaksudkan untuk memberikan motivasi sekaligus informasi berbagai pelayanan akademik yang ada di Program D III Analis Kimia.  Sebelum diadakan SG pada tingkat Program Studi (Prodi), mahasiswa baru memperoleh informasi tentang kefakultasan yang disampaikan oleh Dekan, Wakil Dekan, dan lima orang kepala Divisi (Akademik, Umum , Keuanga, Perpustakaan dan Sistem Informasi).  Materi kefakultasan diselenggarakan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FMIPA UII yang berjumlah kurang lebih 400 mahasiswa termasuk dari mahasiswa baru Program D III Analis Kimia.
Thorikul Huda, M.Sc selaku Ketua Program menyampaikan materi tentang kebijakan akademik di Program D III Analis Kimia peran dan fungsi Dosen Pembimbing Akademik (DPA), peluang kerja lulusan, kurikulum yang berlaku di Program D III Analis Kimia, peluang untuk menyelesaikan masa studi lebih cepat, kesempatan untuk mengikuti kompetisi ilmiah dan lain-lain.  Acara yang diimoderatori oleh Reni Banowati I., S.Si yang juga menjabat sebagai Sekretaris Program juga diselingi dengan kegiatan ice breaking untuk dapat menyegarkan suasana.  Pada kesempatan tersebut Ketua Program menyampaikan bahwa lulusan D III Analis Kiimia telah banyak diterima diberbagai instansi baik bekerja di perusahaan, pegawai negeri sipil maupun BUMN.  “Alhamdulillah lulusan D III  Analis Kimia UII telah tersebar diseluruh Indonesia”, ungkap Thorik panggilan akrab Ketua Program D III Analis Kimia.  
Pada acara tersebut juga diisi oleh perwakilan Jama’ah Al Ghuroba (JAG) yang menjelaskan seputar pembinaan keagamaan yang akan diselenggarakan bagi mahasiswa baru.  Rencananya pada pecan ketiga setelag mahasiswa baru masuk maka akan segera dilakukan pembinaan keagamaan yang materinya terdiri dari baca tulis al qu’an dan praktek ibadah.
Read more...
 
Pengumuman PKM 2011 Print E-mail
Written by webmaster   
Thursday, 15 September 2011
 Pengumuman Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2011, Untuk jenis PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2011 yang akan di danai oleh Depdiknas tahun 2012 ialah:
1. PKM Bidang Penelitian (PKMP)
2. PKM Bidang Penerapan Teknologi (PKMT)
3.  PKM Bidang Kewirausahaan (PKMK)
4.  PKM Bidang Pengabdian Masyarakat(PKMK)
5.  PKM Bidang Karya Cipta (PKMKC)

Penyerahan Proposal PKM paing lambat tanggal 3 Oktober 2011 setiap jam kerja sebanyak 3 (tiga) eksemplar hardcopy dan 2 softcopy (CD), diserahkan ke:
Bagian Kemahasiswaan
Gedung Rektorat UII lantai II
Kampus Terpadu, Jl.Kaliurang km. 14,5 Yogyakarta
Pedoman PKM dapat di download di  http://dikti.kemdiknas.go.id
 
MERETAS SUKSES DI D3 ANALIS KIMIA (Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Angkatan 2011) Print E-mail
Written by webmaster   
Thursday, 15 September 2011
 Wajah-wajah cerah dan bersemangat dengan kostum hitam putih tampak memadati Ruang Sidang II FMIPA UII. Mereka, mahasiswa baru Program DIII Analis Kimia FMIPA UII, untuk pertama kalinya mengikuti kuliah singkat yang disampaikan oleh Bapak Iman Permadianta, S.Psi.
Kuliah perdana yang diselenggarakan pada hari Kamis, 15 September 2011 ini memang dirancang berbeda dengan ospek yang biasa diselenggarakan oleh prodi-prodi lain. Tujuan utamanya adalah pemberian motivasi kepada mahasiswa baru sekaligus pengenalan lingkungan dan fasilitas belajar mengajar di FMIPA UII.
Acara diawali dengan game (ice breaking) untuk memecahkan kebekuan antar peserta. Dalam game ini mahasiswa diharapkan mampu mencari kenalan sebanyak-banyaknya bahkan tidak hanya antar mahasiswa baru, tetapi juga dengan kakak tingkat selaku panitia. Ketika “ice” nya telah pecah, maka acara kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial yang dipandu oleh MC Nurul Chotimah dan  Rendi, dan lagu hymne UII pun tak lupa dinyanyikan.
 Dalam materi motivasi, Bapak Iman, selaku motivator, menyampaikan berbagai motivasi khususnya bagaimana menjadi mahasiswa yang baik dan tips-tips meraih sukses tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Acara keprodian sekaligus pengenalan seluruh dosen, laboran dan karyawan disampaikan setelah sesi Ishoma yang dipandu langsung oleh Ketua Program D III Analis Kimia, Bapak Thorikul Huda, M.Sc. Sesi mahasiswa diisi dengan pengenalan Himpunan Mahasiswa Analis Kimia  dan Lembaga Mahasiswa. Pada sore harinya mahasiswa diajak berkunjung ke fasilitas laboratorium, ruang kuliah, ruang akademik, ruang prodi, yang nantinya akan kerap dikunjungi oleh mahasiswa. Dalam kuliah perdana ini juga diselipkan acara pembagian quisioner, game, pengukuran jas lab dan jas almamater.
“Saya kira, kuliah perdana itu seperti ospek, tapi ternyata tidak. Malah ada game dan ada doorpricenya lagi. Materi motivasi juga sangat bermanfaat”. “Setelah mengikuti kuliah ini, saya merasa nyaman, banyak teman dan seperti memiliki keluarga baru”. Begitulah komentar-komentar positif yang diberikan oleh mahasiswa baru. Selamat datang mahasiswa baru, selamat belajar dan raihlah suksesmu melalui Program D III Analis Kimia UII. (oleh : Reni Banowati)
Read more...
 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 Next > End >>

Results 201 - 210 of 264

Informasi Mahasiswa Baru 2017
download brosur

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru


Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More