Analis Kimia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) : Satu Langkah Awal Dalam Mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan Print E-mail
Written by Rizal   
Sunday, 04 June 2017

Adanya perubahan regulasi terkait kurikulum pendidikan tinggi yaitu melaui KKNI dan SNDIKTI telah merubah paradigma pendidikan tinggi yaitu dari input base learning menjadi outcome base learning. Melalui paradigma baru ini tujuan pembelajaran berubah dari “materi apa yang telah diberikan oleh dosen” menjadi “kemampuan apa yang telah dikuasi oleh mahasiswa”. Oleh karena itu peran dokumen pembelajaran yang salah satunya adalah Rencana Pembelajaran Semester menjadi strategis dalam pencapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Hal inilah yang disampaikan oleh Agung Nugroho Adi selaku pembicara dalam Workshop Rencana Pembelajaran Semester yang diselenggarakan oleh Prodi DIII Analis Kimia, Sabtu 3 Juni 2017. Pembicara yang juga selaku anggota Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII ini juga menyampaikan tentang perubahan dokumen pembelajaran yang saat ini berlaku di UII sehingga para peserta yang terdiri dari seluruh dosen yang mengampu di Prodi DIII Analis Kimia akan memiliki persepsi yang sama dalam menyusun RPS.

Bertempat di Ruang Sidang I Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, workshop yang dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UII ini juga menghadirkan pakar pendidikan dari UNY yaitu Das Salirawati yang sangat expert dalam bidang evaluasi pendidikan. Dalam sesi yang dipandu oleh Reni Banowati ini, beliau menyampaikan materi terkait dengan Lembar Penugasan Mahasiswa (LPM) sebagai salah satu instrumen dalam mengukur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Menurut beliau, tugas yang diberikan kepada mahasiswa hendaknya dapat mengukur CPMK tertentu dan bukan hanya untuk mengganti ketidakhadiran dosen dalam suatu tatap muka. Oleh karena itu adanya rubrik penilaian akan membantu dosen untuk menentukan apakah mahasiswa sudah mencapai suatu CPMK atau belum. Di akhir pemaparannya, Das Salirawati juga memotivasi para dosen untuk selalu berusaha memperbaiki diri, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan tidak stagnan khususnya dalam merencanakan suatu pembelajaran dalam matakuliah yang diampu.

Read more...
 
Program Studi D III Analis Kimia menyelenggarakan Workshop Penyelenggaraan Praktikum dan T.A Print E-mail
Written by Rizal   
Tuesday, 04 July 2017

 Program Studi D III Analis Kimia menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyelenggaraan Praktikum dan Tugas Akhir Program Vokasi sebagai bagian dari aktivitas Program Hibah Kompetisi Prioritas 2017. Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Mei 2017 di Ruang Sidang Utama Gedung D3 Ekonomi Universitas Islam Indonesia dengan menghadirkan narasumber Ibu Sandra Aulia Zanny, M.S.Ak mewakili pengelola program vokasi Universitas Indonesia.

Dekan FMIPA UII, Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D berkesempatan untuk membuka Kegiatan Workshop Penyelenggaraan Praktikum dan Tugas Akhir Program Vokasi. Dalam sambutannya Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D menyambut baik terselenggaranya kegiatan workshop ini karena komponen praktikum dan tugas akhir sangat penting di program vokasi. Dekan FMIPA UII menyampaikan bahwa program vokasi menitikberatkan lulusannya memiliki keterampilan dan kompetensi untuk memasuki dunia kerja sehingga desain maupun alokasi waktu praktikum menjadi sangat krusial. Selain itu Dekan FMIPA UII juga mengharapkan bahwa desain tugas akhir yang akan digunakan di Program Studi D III Analis Kimia mendukung kompetensi lulusan baik hardskill maupun sofskill yang dibutuhkan oleh industri.

Read more...
 
Program Studi Analis Kimia Selenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Print E-mail
Written by Rizal   
Tuesday, 09 May 2017

 Program Studi DIII Analis Kimia UII menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI Senin (08/05/2017) di Ruang Sidang Utama lantai 1 FMIPA UII. Workshop yang dihadiri oleh Dekan, Kepala Divisi Akademik, Kepala Divisi SIM FMIPA UII, dosen-dosen pengampu Prodi DIII Analis Kimia, perwakilan stakeholder, user, alumni dan mahasiswa menghadirkan dua narasumber yaitu Very Tri Jatmiko, S.Si., M.M Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dan Dra. Shopia Soerjandari, Apt selaku Manajer QC PT. Konimex Surakarta.

Workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI ini dibuka oleh Dekan FMIPA UII, Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D. Dalam sesi sambutan, Drs. Allwar, M.Sc. Ph.D. menuturkan bahwa kurikulum yang diterapkan oleh suatu program studi harus diperbaharui secara rutin sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), kebutuhan masyarakat, serta kebutuhan pengguna lulusan dan hal tersebut tidak boleh terlepas dari regulasi yang berlaku di Indonesia, salah satunya KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Pengguna lulusan Prodi Analis Kimia UII adalah industri ataupun instansi, jadi sudah seharusnya kurikulum yang diterapkan di program studi dapat mendukung tercapainya kompetensi lulusan yang sesuai dengan kompetensi yang diperlukan oleh industri, imbuh Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D.

Read more...
 
DIII Analis Kimia dan FMIPA UII Perkuat Keunggulan Keislaman Berdaya Saing Global Print E-mail
Written by Rizal   
Tuesday, 02 May 2017

F akultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) dan Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII melakukan langkah strategis dalam memperkuat  keunggulan instutusi melalui pengkajian visi dan misi.  Dekan Fakultas MIPA UII, Drs. Allwar, M.Sc. Ph.D. dalam pembukaan Workshop Visi dan Misi pada Rabu, 26 April 2017 di Auditorium Perpustakaan UII di Gedung Muhammad Hatta Lantai II menyampaikan visi sebagai bagian dari fakultas yang lahir dari perguruan tinggi Islam pertama di Indonesia, Fakultas MIPA UII menjadi penyelenggara pendidikan yang unggul, berdaya saing global, dan berkomitmen dalam nilai-nilai keislaman.

Workshop yang dihadiri oleh stakeholder yang berasal dari dosen, pengguna lulusan, perwakilan alumni, mahasiswa, dan tenaga kependidikan ini menghadirkan Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. Dosen Fakultas Ekonomi UII yang pernah menjabat menjadi Penasihat KPK menyampaikan bahwa Fakultas MIPA UII menjadi fakultas yang unggul yang akan menjadi penerus cita-cita para pendiri UII. Suwarsono Muhammad menegaskan bahwa FMIPA UII jangan sampai melahirkan lulusan yang memiliki pemikiran barat dan kapitalis. Sebagai penulis buku UII Way, Suwarsono Muhammad memaparkan tentang visi para founding fathers UII. Universitas Islam Indonesia lahir sebagai Sekolah Tinggi Islam yang didirikan oleh dua organisasi Islam, yakni Majelis Islam A’la Indonesia dan Masyumi. Perguruan tinggi yang dilahirkan sebagai program dari kedua organisasi tersebut di tahun 1944. Dalam beberapa pidato yang disampaikan oleh tokoh nasional pendiri UII, Drs. Moh. Hatta. dan M. Natsir, Sekolah Tinggi Islam dilahirkan sebagai tempat persemaian agar Islam yang memberikan pengaruh di Indonesia. Nilai inilah yang menjadi fisosofi bahwa perguruan tinggi ini lahir dari umat untuk universitas dan akan kembali ke umat.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 11 - 20 of 262

formulir pendaftaran (click here )

Informasi Mahasiswa Baru 2017

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru
Bagian Depan
Bagian Belakang

Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More