Analis Kimia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Prodi DIII Analisis Kimia UII Siapkan Rencana Pembelajaran Semester Bermuatan Soft Skills Print E-mail
Written by Rizal   
Monday, 17 July 2017

 Proses pembelajaran Perguruan Tinggi yang berorientasi pada capaian pembelajaran sikap, pengetahuan dan ketrampilan tidak dapat terpisahkan dengan pengembangan soft skills yang dimiliki oleh mahasiswa. Selama ini pengembangan soft skills seolah-olah hanya dititipkan pada kurikulum dan kurang mendapatkan perhatian yang selayaknya. Model-model pembelajaran saat ini masih mengedepankan penguasaan hard skills bagi mahasiswanya akibatnya. Ketimpangan ini menjadikan pemenuhan kompetensi lulusan belum belum sesuai dengan kebutuhan stakeholders. Sebagai upaya implementasi soft skills dalam pembelajaran Program Studi DIII Analisis Kimia UII menyelenggarakan sebuah Workshop “ Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester dengan Muatan Soft Skills Kamis (13/07/2017).

Bertempat di Ruang Sidang I Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, workshop yang dibuka langsung oleh Ketua Program Studi D III Analisis Kimia, Thorikul Huda, S.Si., M.Sc. Pada kesempatan ini, Thorikul Huda menyampaikan bahwa pengembangan soft skills sangat diperlukan oleh mahasiswa Program Studi DIII Analisis Kimia terlebih lagi Brand image lulusan yang ditetapkan program studi mayoritas merupakan atribut-atribut softs skills.

Selain itu, persaingan dalam dunia kerja sekarang juga semakin ketat dan tuntutan dari pengguna (users) pun semakin tinggi. Profil lulusan yang dicari oleh perusahaan tidak hanya unggul pada prestasi akademik saja, namun lulusan yang memiliki added value, sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Mudasir, M. Eng., Ph.D. Indeks prestasi lebih dari 3 bahkan hanya menduduki peringkat ke-17 dalam daftar kualitas-kualitas penting jadi juara.

Adanya soft skills menjadikan seseorang lebih berhasil, lebih berfungsi sebagai keluarga, komunitas dan dunia kerja. Menurut Mudasir soft skills yang perlu dikembangkan adalah daya Kreatif, Analisis kritis, Komunikatif, Ambil keputusan, Pecahkan masalah, BElajar terus, Sikap positif, Aktif-proaktif dan Rasional. Beliau menyingkat kesemua atribut tersebut menjadi KAKAP BESAR.

Read more...
 
Pengumuman Peserta Lolos Seleksi LKTIN Mission 2017 Print E-mail
Written by Rizal   
Friday, 14 July 2017

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

adapun informasi penting terkait LKTIN Mission 2017 dapat diunduh melalui link berikut

 
Program Studi Analis Kimia Gelar Workshop Siapkan Strategi Penguatan Soft Skills Mahasiswa Print E-mail
Written by Rizal   
Friday, 07 July 2017

Soft skills merupakan seperangkat kemampuan yang mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Soft skills memuat komunikasi efektif, berpikir kreatif dan kritis, membangun tim, serta kemampuan lainnya yang terkait kapasitas kepribadian individu. Konstribusi soft skills dalam kesuksesan mahasiswa atau lulusan dalam dunia kerja memiliki porsi yang besar.

Guna memenuhi kebutuhan user, terutama dalam menghadapi tantangan dan persaingan dunia kerja di era globalisasi program studi D III Analis Kimia selenggarakan workshop internalisasi soft skills dalam perkuliahan Kamis (6/07/2017). Kegiatan yang digelar dalam rangka Program Hibah Kompetisi Prioritas (PHK-Prioritas) Tahun 2017 dihadiri oleh 23 peserta yang meliputi seluruh dosen Program Studi D III Analis Kimia dan  dosen-dosen perwakilan Program Studi meliputi Program Studi Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia D III Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Thorikul Huda, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Program Studi D III Analis Kimia memaparkan dalam sambutannya bahwa berdasarkan analisis tracer study kebutuhan akan soft skills mendominasi kompetensi dari lulusan. Selama ini pengembangan soft skills masuk dalam hidden curriculum, dengan diadakannya workshop internalisasi soft skills ini diharapkan Program Studi D III Analis Kimia memperoleh strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan pola penguatan soft skills mahasiswa yang terintegrasi dalam perkuliahan.

Acara yang bertempat di Ruang Sidang 1 Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti ini menghadirkan narasumber yang memiliki kepakaran dalam pembinaan soft skills mahasiswa dan praktisi akademik yang telah mengembangkan internalisasi pendidikan soft skills dalam kegiatan pembelajaran yaitu Dody Hartanto, S. Pd., M. Pd  Ketua Prodi Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan dan Prof. Dr. M. Suyanto, M.M Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Read more...
 
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) : Satu Langkah Awal Dalam Mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan Print E-mail
Written by Rizal   
Sunday, 04 June 2017

Adanya perubahan regulasi terkait kurikulum pendidikan tinggi yaitu melaui KKNI dan SNDIKTI telah merubah paradigma pendidikan tinggi yaitu dari input base learning menjadi outcome base learning. Melalui paradigma baru ini tujuan pembelajaran berubah dari “materi apa yang telah diberikan oleh dosen” menjadi “kemampuan apa yang telah dikuasi oleh mahasiswa”. Oleh karena itu peran dokumen pembelajaran yang salah satunya adalah Rencana Pembelajaran Semester menjadi strategis dalam pencapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Hal inilah yang disampaikan oleh Agung Nugroho Adi selaku pembicara dalam Workshop Rencana Pembelajaran Semester yang diselenggarakan oleh Prodi DIII Analis Kimia, Sabtu 3 Juni 2017. Pembicara yang juga selaku anggota Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII ini juga menyampaikan tentang perubahan dokumen pembelajaran yang saat ini berlaku di UII sehingga para peserta yang terdiri dari seluruh dosen yang mengampu di Prodi DIII Analis Kimia akan memiliki persepsi yang sama dalam menyusun RPS.

Bertempat di Ruang Sidang I Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, workshop yang dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UII ini juga menghadirkan pakar pendidikan dari UNY yaitu Das Salirawati yang sangat expert dalam bidang evaluasi pendidikan. Dalam sesi yang dipandu oleh Reni Banowati ini, beliau menyampaikan materi terkait dengan Lembar Penugasan Mahasiswa (LPM) sebagai salah satu instrumen dalam mengukur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Menurut beliau, tugas yang diberikan kepada mahasiswa hendaknya dapat mengukur CPMK tertentu dan bukan hanya untuk mengganti ketidakhadiran dosen dalam suatu tatap muka. Oleh karena itu adanya rubrik penilaian akan membantu dosen untuk menentukan apakah mahasiswa sudah mencapai suatu CPMK atau belum. Di akhir pemaparannya, Das Salirawati juga memotivasi para dosen untuk selalu berusaha memperbaiki diri, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan tidak stagnan khususnya dalam merencanakan suatu pembelajaran dalam matakuliah yang diampu.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 10 of 255

 

 Lomba DESAIN BLOG, Informasi lebih lanjut  (kilik) dan formulir pendaftaran lomba desain blog (Formulir)

Desain Company Profile, Informasi lebih lanjut (kilik) dan formulir pendaftaran desain Company Profile (Formulir )

Informasi Mahasiswa Baru 2017

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru
Bagian Depan
Bagian Belakang

Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More