Analis Kimia

You are here: Home
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa Program Diploma UII juara satu Lomba Business Plan Print E-mail
Written by Rizal   
Monday, 23 October 2017
 Mahasiswa Program D III UII yang terdiri dari mahasiswa Prodi D III Analisis Kimia dan D III Akuntansi berhasil meraih juar pertama Lomba Business Plan yang diadakan di Institut Pertanian Bogor pada tanggal 13 Oktober 2017. Tim dari Program Diploma UII berhasil mengalahkan tim dari beberapa perguruan tinggi seperti IPB dan Universitas Airlangga yang masing-masing memperoleh juara 2 dan 3. Produk unggulan dari mahasiswa UII yang dilombakan di IPB tersebut diberi nama Sujiman alias Susu Biji Mangga. Jumini Kahirunnisa sebagai salah satu perwakilan tim UII yang juga mahasiswa Prodi D III Analisis Kimia menyebutkan bahwa produk ini dilihami oleh biji buah manga yang kebanyakan hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena ini menurut Nisa panggilan akrab mahasiswa Prodi D III Analisis Kimia ini berkeinginan untuk menjadikan produk yang mereka buat dapat diproduksi dalam skala yang besar dan dapat dipasarkan.
Usai mengikuti Lomba di IPB rencananya karya mahasiswa Program Diploma UII tersebut akan diikutsertakan dalam lomba inovasi di UiTM Malaysia pada awal bulan November 2017. Thorikul Huda selaku Kaprodi D III Analisis Kimia merasa sangat bangga dengan prestasi yang dicapai oleh mahasiswanya. “Ini merupakan salah satu bukti bahwa mahasiswa kami mampu beprestasi secara nasional dan Insya Allah akan berjuang di kancah internasional juga”, ungkap Thorikul Huda saat ditemui di ruang kerjanya. Thorik juga menambahkan bahwa produk yang dibuat oleh mahasiswa Program Diploma UII memiliki potensi yang sangat baik untuk dapat dijadikan produk yang diproduksi secara massal. Hal tersebut dikarenakan mudahnya mencari bahan baku dan belum ada pemanfaatan biji mangga untuk menjadi produk dalam bentuk susu sereal.
Thorikul Huda menyarakankan agar produk yang sudah dibuat oleh mahasiswa diploma UII tersebut dapat diuji kualitasnya di laboratorium pengujian dengan parameter seperti uji proksimat pada makanana. Selain itu juga Thorik menganjurkan agar mahasiswa dapat melakukan uji organoleptic untuk mendapatkan persepsi produk Sujiman yang mereka buat.  Prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa tersebut juga menunjukkan pentingnya untuk melakukan kolaborasi dalam menghasilkan karya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa D III Analisis Kimia dan D III Akuntasi.  
 
< Prev   Next >

formulir pendaftaran (click here )

Informasi Mahasiswa Baru 2017

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru
Bagian Depan
Bagian Belakang

Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More