Analis Kimia

You are here: Home arrow Alumni
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Alumni
Temu Alumni 2012 Print E-mail
Written by webmaster   
Wednesday, 25 April 2012
Diberitahukan kepada seluruh alumni Program D III Analis Kimia dari angkatan 2003 sampai dengan angkatan 2009, bahwa akan diselenggarakan “Temu Alumni” yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 7 Juli 2012
Tempat : Rumah Makan Boyong Kalegan.
Jam : 10.00 – selesai
Untuk konfirmasi kehadiran silahkan sms/Telp. Ke : Kantor D III Analis Kimia (0274 747 6564 atau sms ke Sdr. Dedy : 08122965552 atau email : This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it
 
Kompetensi Alumni Print E-mail
Written by webmaster   
Wednesday, 11 May 2011
Terdapat lima kompetesi dasar yang harus dimiliki oleh alumni dari Program D III Analis Kimia. Kelima kompetensi dasar tersebut adalah:
  1. Mampu mengumpulkan, menganalisis, mengelola, dan mengkomunikasikan ide dan informasi
  2. Mampu merencanakan dan mengorganisir kegiatan
  3. Mampu bekerja sama dengan orang lain
  4. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah
  5. Mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK
Ada lima cakupan keahlian dalam kompetensi, yaitu seorang analis kimia harus mempunyai ketrampilan dalam melaksanakan pekerjaan (task skill), ketrampilan mengelola pekerjaan (task management skill), serta ketrampilan mengantisipasi berbagai kemungkinan (contigency manajement skill), ketrampilan mengelola lingkungan kerja (job/role enviroment skill), serta ketrampilan beradaptasi (transfer skill). Ada dua jenis kompetensi yang harus dimiliki, yakni kompetensi fungsional (functional competency) yang meliputi ketrampilan, pengetahuan, dan sikap untuk melaksanakan pekerjaan dan key competency yang meliputi 7 general life yang mencakup kompetensi umum yang dimiliki oleh tenaga kerja agar dapat berpartisipasi secara efektif di tempat kerja dan merupakan proses holistik.
Kompetensi fungsional seorang analis kimia adalah :
  1. Melaksanakan analisis kimia
  2. Menggunakan dan memelihara peralatan laboratorium
  3. Menginterpretasikan dan mengkomunikasikan data hasil analisis
  4. Mengelola laboratorium kimia
  5. Membina karyawan bawahannya
Sedangkan key competency yang harus dimiliki adalah :
  1. Mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola informasi
  2. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
  3. Merencanakan dan mengorganisir kegiatan
  4. Bekerja dengan orang lain serta kelompok
  5. Menggunakan ide-ide serta teknik matematika
  6. Menyelesaikan masalah
  7. Menggunakan teknologi
 
Testimoni Alumni Print E-mail
Written by webmaster   
Tuesday, 10 May 2011
 
Ajrieh Setyawan
PNS BATAN Serpong
 
Kuliah di D III Analis Kimia UII telah membekali Saya untuk dapat bekerja seperti sekarang ini. Kegiatan kemahasiswaan yang Saya ikuti selama kuliah, telah mendidik jiwa kepemimpinan dan kerjasama tim yang sangat bermanfaat di pekerjaan Saya.
 
 Lina Kartika Sari
PT Pertamina Cilacap
 
Ternyata dengan kuliah di D III Analis Kimia UII telah memperlancara masa depan saya, sehingga Saya dapat bekerja di salah satu BUMN yang ternama. Keramahan dosen dan karyawan telah menjadikan saya nyaman untuk menjadi mahasiswa di D III Analis Kimia UII.

 
Julianto Saputro
PNS BPOM Kupang NTT
 
Fasilitas Laboratorium yang sangat lengkap di D III Analis Kimia UII, telah membantu di dalam berbagai kegiatan analisis di temapat saya bekerja sekarang.
 
Sri Lestari 
PNS Kementrian Kesehatan
 
Lulus dari D III Analis Kimia, Saya diterima di PT. Semen Tonasa dan Kemenkes. Atas saran orang tua, Saya memilih PNS di Kemenkes . Dengan kuliah di D III Analis Kimia UII, menjadikan saya bias bersaing dengan ribuan orang yang mendaftar di BUMN maupun di Kemenkes.
 
Defrian Kurnia S.

PT Coca-Cola Indonesia Jakarta

Saat ini Saya bekerja di Bagian Quality Control dan Alhamdulillah dengan bekal ilmu yang Saya peroleh dari D III Analis Kimia UII, Saya dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan tempat pekerjaan.
 
Esti Wijayanti

PT Krakatau Stell Banten

Untuk memperoleh pekerjaan Saya tidak perlu terlalu lama menunggunya, terbukti setelah lulus dari D III Analis Kimia UII Saya bias langsung mendapatkan pekerjaan di PT. Krakatau Steel.
 

Hamidah

PT. Sucofindo Banjarmasin

Nuansa Islami yang dibangun di kampus D III Analis Kimia UII membuat saya mantap menjalani hari-hari Saya sebagai mahasiswa. Dan terbukti telah mengantarkan saya ke pintu kesuksesan.

 
Tracer Study Print E-mail
Written by webmaster   
Wednesday, 21 July 2010
 Tracer study di Prodi D-III Analis Kimia untuk mengetahui tingkat penyerapan lulusan.  Hasil dari tracer study digunakan untuk bahan evaluasi diri dan dijadikan refrensi untuk program pengembangan Prodi D-III Analis Kimia.  Data tracer study digunakan untuk mendukung akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).  Komponen dalam isian tracer study terdiri dari masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan, gaji pertama, penilaian dari pengguna dan lain-lain.  
Setiap alumni dapat memiliki akun untuk mengakses yang dapat diperoleh melalui Prodi.  Bagi alumni yang saat ini belum memilik akun dimohon segera menghubungi bagian administrasi Program Studi DIII Analis Kimia FMIPA UII melalui email This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it atau facebook analis kimia. Sistem ini diharapkan dapat menyempurnakan data base alumni dan berguna untuk meningkatkan kontribusi alumni dalam memberikan umpan balik kepada prodi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dalam pengembangan kurikulum.
Untuk mengunjungi halaman tracer studi Prodi D-III Analis Kimia silahkan klik disini.  
 
Menjadi Analis Kimia, Kenapa Tidak? Pekerjaan Sudah Menunggumu disana! Print E-mail
Written by webmaster   
Friday, 03 April 2009

ImageKebutuhan tenaga kerja sebagai seorang analis kimia pada saat ini memang sangat besar.  Terbukti dengan adanya tawaran dari PT  Novel Pharmaceutical Laboratories kepada Program D III Kimia Analis UII.  Perusahaan yang bergerak pada bidang farmasi tersebut menawarkan kepada Ketua Program D III Kimia Analis untuk dapat merekrut alumninya agar bisa bekerja di perusahaan tersebut.  Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Program D III Kimia Analis, setelah menerima telepon dari Perusahaan yang beralamatkan di Jalan Limo 40 JAKARTA.  Tatang Shabur menjelaskan kalo saat ini belum dapat mengabulkan tawaran dari PT Novel Pharmaceutical Laboratories dikarenakan alumni dari Program D III Kimia Analis sebagian besar telah bekerja sesuai bidangnya sebagai analis kimia diberbagai perusahaan besar maupun yang telah bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Read more...
 

 
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Tingkat SMA/SMK/sederajat, Panduan Lomba dapat di unduh lewat (download)  dan formulir pendaftaran lomba dapat diunduh lewat (formulir )
Informasi Mahasiswa Baru 2017

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru
Bagian Depan
Bagian Belakang

Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More