Analis Kimia

You are here: Home arrow Mahasiswa
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa
D3 ANALISIS KIMIA UII MEMBERIKAN PENYULUHAN GARAM BERIODIUM, AIR BERSIH, MAKANAN HALAL DAN SEHAT BAG Print E-mail
Written by Rizal   
Thursday, 21 December 2017

 Rabu, 20 Desember 2017 Program Studi D III Analisis Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat bagi Pengurus PKK se-Kelurahan Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Kegiatan yang telah rutin dilaksanakan di Kelurahan Tirtonirmolo ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama antara Program Studi D III Analisis Kimia dengan Pemerintah Desa Tirtonirmolo Kasihan Bantul dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pengurus PKK Kelurahan Tirtonirmolo, perwakilan pengurus dan kader PKK pedukuhan se-Kelurahan Tirtonirmolo ini menjadi satu bentuk penerapan di bidang analisis kimia terutama sekali dalam memberikan edukasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan standar keamanan pangan.

Read more...
 
DIII ANALISIS KIMIA UII GELAR PELATIHAN AKREDITASI LABORATORIUM MEDIS Print E-mail
Written by Rizal   
Sunday, 17 December 2017

 Program Studi DIII Analisis Kimia Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) menggelar pelatihan ISO 15189: Akreditasi Laboratorium Medis, Sabtu (9/12/2017). Pelatihan diikuti civitas akademika UII, STIKES Guna Bangsa Yogyakarta, RSUD Gunung Jati Cirebon, STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyakat mengenai pentingnya standardisasi laboratorium. Hal ini sejalan dengan komitmen UII dalam membudayakan Standar Nasional Indonesia (SNI),” kata Ketua Prodi DIII Analisis Kimia, Thorikul Huda, SSi, MSc di sela-sela pelatihan.

Narasumber pelatihan, Ivan Sarifudin, ST, konsultan ISO, baik ISO 17025 tentang akreditasi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi maupun ISO 15189 tentang akreditasi Laboratorium Medis. “Pelatihan ini merupakan salah satu bukti nyata komitmen UII adalah perolehan SNI Awards Kategori Gold dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Program Studi DIII Analisis Kimia juga aktif dalam membudayakan penerapan standar seperti mengintegrasikan SNI dan ISO 17025 ke dalam proses pembelajaran,” katanya.

Pelatihan ISO 15189, kata Thorikul Huda, diharapkan dapat menambah wawasan peserta dalam hal standardisasi laboratorium khususnya laboratorium medis. Program Studi DIII Analisis Kimia juga berharpa, dengan adanya pelatihan ini, kompetensi lulusan mengenai ISO Laboratorium dapat bertambah. Sebab sebaran alumni DIII Analisis Kimia tidak hanya dalam lingkup laboratorium kimia tetapi juga laboratorium medis.

Read more...
 
Training Collaboration in Chemical Analysis bagi Mahasiswa STTN BATAN Print E-mail
Written by yuli   
Thursday, 09 November 2017
 Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA UII menyelenggarakan Training Collaboration in Chemical Analysis bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN BATAN) pada 1 November 2017.  Training Collaboration in Chemical Analysis yang diselenggarakan di Ruang Sidang I FMIPA UII ini sebagai bentuk implementasi kerjasama antara Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA UII dengan STTN BATAN.  Kegiatan ini diikuti oleh 32 mahasiswa Program Studi D IV Teknokimia dan Nuklir STTN BATAN didampingi 2 dosen pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kompetensi pengujian di bidang kimia yang mendukung kompetensi mahasiswa STTN BATAN.
Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA UII. Dalam sambutannya, Thorikul Huda, M.Sc. menyampaikan bahwa kompetensi di bidang pengujian kimia, baik pengujian konvensional dan instrumental menjadi sebuah kebutuhan dalam rangka standardisasi kompetensi dalam sistem sertifikasi profesi di bidang tenaga pengujian laboratorium kimia.  Training collaboration in chemical analysis diharapkan dapat memperkuat kompetensi pengujian secara gravimetri, volumetri, spektrometri dan kromatografi sebagai kompetensi mendasar dalam pengujian baku dan tidak baku yang diterapkan di dunia kerja. Materi training disajikan oleh tim dosen yang telah memiliki sertifikasi kompetensi di bidang pengujian dasar (volumetric dan gravimetri), spektrometri dan kromatografi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
 Peserta mendapatkan materi pengujian dasar dari narasumber Reni Banowati Istiningrum, M.Sc., Kuntari, M.Sc. dan Puji Kurniawati, M.Sc. Pengenalan instrumentasi spektrometri dan kromatografi di laboratorium dipandu dengan instruktur dari tim dosen dan analis yang ada di Laboratorium Kimia Terapan dan Laboratorium Instrumentasi Terpadu. Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat kompetensi pengujian kimia secara umum, disamping menguasi metode pengujian dengan teknologi nuklir.
Read more...
 
Pelatihan Instrumentasi Pengujian Kimia bagi Siswa SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 1 Cangkringan Print E-mail
Written by yuli   
Thursday, 09 November 2017
 Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA UII pada Sabtu, 28 Oktober 2017 dan 30 - 31 Oktober 2017 menyelenggarakan pelatihan instrumentasi pengujian kimia bagi siswa SMK N 2 Depok dan SMK N 1 Cangkringan Sleman Yogyakarta. Peserta pelatihan mendapatkan bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan praktik di laboratorium tentang berbagai pengujian kimia secara instrumental dengan menggunakan spektrofotometri UV-Vis, atomic absorption spectrophotometer (AAS), gas chromatography (GC), dan high performance liquid chromatography (HPLC). Peserta mendapatan materi dari trainer dari tim dosen Prodi D III Analisis Kimia sekaligus pakar yang telah memiliki sertifikat kompetensi dalam bidang analisis kimia yang terdiri dari Yuli Rohyami, M.Sc, Thorikul Huda, M.Sc., Tri Esti Purbaningtias, M.Si., dan Bayu Wiyantoko, M.Sc. Pelatihan ini diselenggarakan di Auditorium FMIPA UII, Laboratorium Kimia Terapan Prodi D III Analisis Kimia, dan Laboratorium Terpadu UII. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi D III Analisis Kimia, Thorikul Huda, M.Sc.
 Thorikul Huda, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk implementasi MoU antara Program Studi D III Analisis Kimia dalam kegiatan catur dharma UII dengan SMK N 2 Depok dan SMK N 1 Cangkringan Sleman Yogyakarta. Thorikul Huda, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang pengujian instrumentasi pengujian kimia bagi siswa-siswi SMK sekaligus sebagai upaya untuk memperkuat implementasi MoU Prodi DIII Analis Kimia dengan SMK N 2 Depok Sleman dan SMK N 1 Cangkringan dan dalam rangka memperkenalkan Program Studi DIII Analisis Kimia bagi masyarakat dan peranan profesi analis kimia bagi kemajuan bangsa.
Salah satu tantangan diberlakukannya MEA dan CAFTA adalah perlu adanya standardisasi produk dan jasa sehingga diperlukan suatu upaya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten. Untuk memastikan produk terstandar perlu dilakukan inspeksi atau pengujian di laboratorium pengujian dan kalibrasi yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025. Pengujian tersebut haruslah menggunakan metode uji yang telah divalidasi  atau diverifikasi. Pengujian di laboratroium harus dilakukan pula oleh orang yang telah kompeten pada bidang pengujian kimia. Lulusan SMK diharapkan menjadi bagian dari anggota profesi analis kimia yang akan berkiprah secara nyata dalam mendorong kemajuan bangsa.
Kegiatan ini diikuti oleh 128 peserta dan 6 guru pendamping, yang terdiri dari 32 siswa-siswi Kelompok Keahlian Kimia Industri dan 32 siswa-siswi Kelompok Keahlian Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia SMK N 2 Depok Sleman beserta 4 guru pendamping. Pelatihan ini dilaksanakan untuk menunjang pengetahuan dan ketrampilan dalam pengujian instrumentasi untuk pengujian mutu produk industri kimia secara umum dan produk migas. Sebanyak 62 peserta berasal dari siswa-siswi Kelompok Keahlian Analis Kimia dari SMK N 1 Cangkringan yang didampingi oleh dua guru pendamping.
 Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dalam pengembangan keahlian dalam pengujian instrumentasi pengujian kimia yang belum dimiliki oleh pihak sekolah.  Setelah mengikuti pelatihan di kelas, peserta mendapatan kesempatan untuk mengunjungi dan mengenali instrumentasi pengujian yang ada di Laboratorium Terpadu UII dan melakukan praktik instrumentasi pengujian kimia di Laboratroium Kimia Terapan Prodi D III Analisis Kimia FMIPA UII. Kegiatan di laboratorium didampingi oleh instruktur dari dosen dan analis yang memiliki kepakaran dan sertifikasi kompetensi dalam pengujian kimia yang didampingi oleh mahasiswa Prodi D III Analisis Kimia. Narasumber dan instruktur mengajarkan beberapa teknik pengujian instrumentasi banyak diterapkan di industri baik pada pengujian baku atau tidak baku yang diterapkan di dunia kerja.
Read more...
 
Kegiatan Audit Internal LSP UII Tahun 2017 Print E-mail
Written by yuli   
Wednesday, 08 November 2017
 LSP UII sebagai lembaga penilaian kesesuaian pada bidang sertifikasi personel harus memiliki kinerja yang baik setiap tahunnya. Penilaian kinerja LSP UII dilakukan melalui kegiatan audit internal pada setiap tahunnya. Periode audit untuk kinerja antara bulan September 2016 sampai Agustus 2017 dilaksanakan pada tanggal 9 November 2017 bertempat di ruang sidang LSP UII. Bertindak sebagai auditor pada kegiatan audit kali ini adalah Yudi Prayudi, S.Si, M.Kom.  Hadir pada saat kegiatan audit diantaranya adalah Direktur, Manajer Sertifikasi, Manajer Mutu dan Deputi Manajer Mutu LSP UII. Audit internal yang dilakukan di LSP UII sebagai bagian dari kegiatan audit unit-unit yang ada di lingkungan Universitas Islam Indonesia.
Audit internal dibuka oleh Thorikul Huda selaku Direktur LSP UII. Pada kesempatan tersebut Thorik menyampaikan kegiatan audit internal merupakan bagian dari system manajemen yang harus dilakukan secara periodic dan untuk di LSP UII dilaksanakan satu kali setiap tahun.  Personel yang hadir pada saat audit internal juga dikenalkan oleh Direktur LSP UII diantaranya adalah Yuli Rohyami sebagai Manajer Teknis. Adapun untuk Manajer Mutu dan Deputi Manajer Mutu masing-masing adalah Reni Banowati dan Tri Esti Purbaningtias.
Hal-hal penting yang dicermati pada saat audit internal diantaranya menyangkut peran dewan pengarah pada struktur organisasi LSP UII. Hal lain yang yang menjadi konsen audit adalah terkait penambahan skema. Saat ini skema yang ada di LSP UII baru ada tiga dan hanya menyangkut bidang pengujian kimia seperti pengujian dasar kimia, validasi metode spektrometri dan validasi metode kromatografi.  LSP UII telah memprogramkan penambahan skema sertifikasi untuk bidang-bidang di luar bidang pengujian kimia pada tahun 2017.
Hasil pemeriksaan audit terlihat jumlah pemegang sertifikat dari periode audit sebelumnya sebanyak 81 orang.  Target jumlah pemegang sertifikat pada tahun 2017 sebanyak 300, akan tetapi capaian jumlah baru sebanyak 27%. Menurut Direktur LSP UII hal-hal yang menyebabkan rendahnya jumlah pemegang sertifikat karena sifat dari uji kompetensi di LSP UII untuk bidang pengujian kimia masih bersifat voluntary. “Insya Allah dalam waktu dekat akan ada penambahan skema sertifikasi dari berbagai prodi di lingkungan UII”, ungkap Thorik.  
Terkait dengan kerjasama, LSP UII juga telah melakukan inisiasi dengan pihak lain. Menurut Manajer Sertifikasi, LSP UII telah merancang kerjasama dengan LSP Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia (TELAPI). “Kerjasama dalam bentuk MoU dilakukan oleh pihak universitas”, tutur Yuli Rohyami yang juga dosen di Prodi D III Analisis Kimia UII. 
 
sumber : http://lsp.uii.ac.id/2017/11/09/kegiatan-audit-internal-lsp-uii-tahun-2017/ 
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 9 of 343

Informasi Mahasiswa Baru 2017
download brosur

Download Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru


Program D3  Analis Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Program yang ditawarkan di Lingkungan Universitas Islam Indonesia yang sedang terus mengembangkan diri menuju program pendidikan strata D3 (Tiga Tahun) dengan kualitas pengajaran berbasis Praktis yang tinggi.

Read More